?Aston Martin Goldfinger-spec DB5 James Bond. Carscoops
?Aston Martin Goldfinger-spec DB5 James Bond. Carscoops

Aston Martin Goldfinger-spec DB5 James Bond Bakal Incaran Kolektor

Otomotif mobil klasik
M. Bagus Rachmanto • 13 Juni 2019 10:04
Inggris: Salah satu koleksi tunggangan James Bond, Aston Martin DB5 masuk daftar lelang RM Sotheby Monterey. Yang menarik, mobil ini salah satu dari empat mobil klasik Bond yang dilabeli Goldfinger-spec DB5.
 
Seperti diberitakan Carsccops, Goldfinger-spec bernomor sasis DB5/2008/R yang bakal dilelang oleh RM Sotheby Monterey di Amerika Serikat (AS) 15 Agustus mendatang adalah mobil Bond asli, dan diklaim sebagai 'Mobil Paling Terkenal di Dunia'.
Aston Martin Goldfinger-spec DB5 James Bond Bakal Incaran Kolektor
Grand tourer 2-pintu klasik Goldfinger-spec DB5 ini dirancang khusus dan diproduksi langsung oleh pabrikan. Termasuk semua fitur dan peralatan canggihnya seperti rear hydraulic rams, layar anti peluru yang dapat ditarik, radar di dasbor, jok lontar/ejector seat, plat nomor berputar, oil slick sprayer, senapan mesin tersembunyi dan smoke screen/layar asap. Tidak seperti DB5 yang dipakai dalam film Goldfinger, di mana Aston Martin meminjamkan dua DB5 ke perusahaan pembuatan film.
 
Disebutkan kondisi mobil yang bakal dilelang sudah melalui tahap restorasi atau pemulihan tanpa biaya oleh Roos Roos Engineering di Switzerland, salah satu dari 13 fasilitas di seluruh dunia yang ditunjuk oleh Aston Martin sebagai Heritage Specialists.
Aston Martin Goldfinger-spec DB5 James Bond Bakal Incaran Kolektor
Pemulihan yang memakan waktu selama empat tahun, tidak hanya mencakup penyempurnaan bodi dan sasis sesuai dengan standar baru pabrik, tetapi meliputi perbaikan semua 13 perlatan modifikasi yang dipakai Bond untuk mengalahkan penjahat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain kondisinya yang seperti baru, DB5 ini juga diuntungkan oleh rantai kepemilikan yang sangat terbatas. Selama lima dekade terakhir dan 35 tahun dalam museum, mobil ini baru berpindah tiga pemilik.
Aston Martin Goldfinger-spec DB5 James Bond Bakal Incaran Kolektor
“Goldfinger-spec DB5 adalah Aston Martin yang spesial dan memiliki aura tersendiri. Berada di hadapannya itu mengasyikkan. Standar restorasi Roos sangat mengesankan, dan akan banyak yang menantikan," kata sejarawan Stephen Archer.
 
Sayangnya belum ada keterangan soal harga mobil tersebut. Namun diperkirakan rumah lelang RM Sotheby Monterey bakal menawarkannya dengan harga yang fantastis, karena bakal jadi incaran para kolektor mobil antik.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif