NEWSTICKER
Polisi mengawasi pembangunan venue renang di Filipina. (TED ALJIBE / AFP)
Polisi mengawasi pembangunan venue renang di Filipina. (TED ALJIBE / AFP)

Filipina Jamin Kenyamanan SEA Games 2019

Olahraga SEA Games 2019 Filipina
Kautsar Halim • 19 Agustus 2019 20:31
Manila: Sejumlah pemangku kepentingan di Filipina menggelar pertemuan untuk membahas kesiapan sebagai tuan rumah SEA Games 2019, Jumat 16 Agustus lalu. Hasil pertemuan bisa dibilang cukup positif karena perhelatan tetap bergulir sesuai jadwal (30 November - 11 Desember).
 
Pemangku kepentingan yang hadir adalah Presiden Komite Olimpiade Filipina (POC) Abraham "Bambol" Tolentino, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Filipina Steven Hontiveros dan pengacara Clint Aranas selaku Ketua Federasi Panah Filipina. Mereka semua berkumpul bersama anggota SCOOP (Sports Communicators Organization of the Philippines).
 
"Jika fokus utamanya adalah SEA Games, maka tugas saat ini meningkatkan kemampuan atletik para atlet muda menuju kompetisi sportif yang merupakan pedoman POC. Dalam SEA Games, sikap persahabatan selalu diutamakan ketimbang kompetisi," kata Tolention.

Klik:18 Tim Internasional Meramaikan Tour D'Indonesia 2019


Hontiveros dan Aranas turut memberikan suara bahwa pihaknya bakal menjamin kenyamanan para tamu yang datang ke SEA Games 2019, termasuk atlet, jajaran pelatih, ofisial, delegasi dan juga suporter. Bagi keduanya, tugas menjadi tuan rumah bukan pengalaman baru bagi Filipina.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Filipina yang tergabung dengan SEA Games sejak 1977 sudah tiga kali menjadi tuan rumah, yakni 1981, 1991 dan 2005. Kendati demikian, gelar sebagai juara umum baru mereka dapatkan saat SEA Games 2005. Pada penyelenggaraan sebelumnya di Malaysia, Filipina hanya finis di urutan tujuh.
 
"Kami yakinkan kepada para tamu, termasuk atlet, jajaran pelatih, delegasi dan juga suporter bahwa Filipina bakal memberi pengalaman masa lalu yang masyarakatnya dikenal ramah dari segala penjuru dunia," ujar Aranas.
 
"Yakinlah bahwa SEA Games kali bakal sesukses saat kami menjadi tuan rumah saat tiga kali menjadi negara penyelenggara sebelumnya," timpal Hontiveros yang juga Kepala Federasi Handball.

Klik:Ketika Mal Disulap Jadi Lintasan Balap


Seperti dilansir philboxing.com, Panitia Penyelenggara SEA Games Filipina (Phisgoc) baru akan menyebar berbagai informasi tentang event di kota-kota yang menjadi tuan rumah. Misalnya pemasangan poster-poster di Clark, Subic, Metro Manila, Laguna, Batangas dan Cavite.
 
Renovasi dan pembangunan venue baru di Clark dan Subic disebutkan juga sudah bisa digunakan sekitar dua hingga tiga minggu sebelum upacara pembukaan di Philipine Arena, Bulacan Sabtu 30 November mendatang.
 
Bagi Tolentino, SEA Games 2019 bakal makin istimewa karena menghadirkan cabang olahraga terbanyak ketimbang penyelenggaraan sebelumnya. Salah satu yang paling menarik dengan dipertandingkannya e-sports.
 
"SEA Games kali ini bakal menghadirkan cabang olahraga (cabor) yang lebih banyak dalam sejarah, yakni 56 cabor. Selain itu kami bangga menginformasikan bahwa upacara pembukaanya bakal berlangsung di venue tertutup berkapasitas 50.000 orang," kata Tolentino.
 
"Dan yang terpenting, atlet-atlet kami juga siap bertarung dengan 10 negara peserta lainnya. Setidaknya untuk memperbaiki pencapaian kami yang hanya finis keenam pada penyelenggaraan sebelumnya (SEA Games 2017 Malaysia)," tambahnya. (philboxing.com)
 


 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif