Kejurnas seluncur indah 2022 (Ist)
Kejurnas seluncur indah 2022 (Ist)

Batal Dipertandingkan di SEA Games, FISI Gelar Kejurnas Seluncur Indah

Rendy Renuki H • 21 Mei 2022 20:48
Jakarta: Cabang olahraga ice skating batal dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam. Keputusan tuan rumah Vietnam tak memasukkan cabor itu membuat atlet ice skating nasional urung tampil di multievent dua tahunan tersebut.
 
Padahal, Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) telah mempersiapkan atlet untuk membawa nama Indonesia di SEA Games. Namun, untuk memfasilitasi para atlet agar tetap kompetitif, FISI memutuskan menggelar Kejuaraan (Kejurnas) Seluncur Indah (Figure Skating) 2022 di BX Ring, Bintaro Exchange, 21-23 Mei 2022.
 
"Kebetulan di SEA Games 2021 tidak dipertandingkan ice skating. Ini karena tuan rumah Vietnam tidak memiliki fasilitas olahraga ice skating. Semoga SEA Games berikutnya di Kamboja punya fasilitasnya," ujar Ketua Umum FISI Susan Herawati kepada wartawan, Sabtu 21 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kejurnas ini diikuti 101 atlet nasional dari enam provinsi di Indonesia. Serta tambahan dua atlet dari negara tetangga Filipina.
 
Sejumlah kategori dipertandingkan di Kejurnas Figure Skating ini. Di antaranya kategori basic starlet, starlet, preliminary, open elementary open, basic novic, intermediate, elite junior ladies dan men, elite senior men dan ladies.
 
"Jumlah peserta naik ya dibandingkan 2019. Saat itu peserta 86 orang. Karena dari 2019 ke 2022 banyak atlet-atlet baru sehingga ada penambahan jumlah atlet yang mengikuti. Kebetulan inikan kejurnas pertama setelah pandemi," kata ketua panitia Elisa Kurniati.
 
Kejurnas ini pun disambut antusias para atlet ice skating nasional. Apalagi mereka mengakui sama sekali tidak mendapatkan kesempatan turun di pertandingan resmi selama pandemi Covid-19.
 
"Ini turnamen tingkat nasional pertama setelah pandemi. Saya berusaha tampil sebaik mungkin. Yang penting memberikan yang terbaik dulu karena sudah 2 tahun tidak ada turnamen," tutur salah satu atlet nasional Dwiki Eka Ramadhan.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif