Lalu Muhammad Zohri. (Foto: MI/Rommy Pujianto)
Lalu Muhammad Zohri. (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Lalu Zohri Ramaikan Porprov NTB

Olahraga atletik
Alfa Mandalika • 10 Desember 2018 09:16
Mataram: Pelari Indonesia dan juga juara dunia lari 100 meter usia 20 di Tampere, Finlandia, Lalu Muhammad Zohri akan tampil pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Barat yang berlangsung pada 9-17 Desember 2018.

Ketua KONI NTB Andy Hadianto di Mataram, Minggu, mengatakan pelaksanaan Porprov X/2018 akan diikuti beberapa atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia di ajang Asian Games, termasuk kejuaraan dunia.

Beberapa atlet itu, antara lain Lalu Muhammad Zohri yang pernah menjadi juara dunia pada kejuaraan atletik di Tampere, Finlandia dan Mariati yang berlaga di kejuaraan dunia Pencak Silat di Bali.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Selain itu, ada Yuliana yang mengikuti kejuaraan dunia junior di Shongkla, Thailand, Risa Septiyarini kejuaraan dunia Muay Thai, Ahmad Zigi Zaresta Yuda di nomor Kata Karate, dan Faqih Karomi juara dunia kelas Kumite. "Pada Asian Games, Lalu Muhammad Zohri dan Fadlin mampu mengharumkan nama Indonesia dan NTB dengan meraih medali perak di nomor lari estafet 4x100 meter dan I Gusti Bagus Saputra di balap sepeda BMX," ujar Andy dilansir Antara, Senin 10 Desember 2018.

Selain beberapa atlet tersebut, Porprov NTB juga diikuti beberapa atlet yang pernah menorehkan prestasi di level nasional, seperti Fadlin, Sapwaturrahman, Ni Putu Dini Jasita Utami, Ditha Juliana, Iswandi dan beberapa atlet lainnya.

"Dengan hadirnya beberapa atlet profesional itu membuat euforia Porprov X NTB serasa even Asian Games," ucapnya.

Andy Hadianto mengatakan nantinya atlet kelas Asia dan dunia ini bakal menunjukkan performa terbaiknya. Mereka akan bersaing mengharumkan nama daerahnya masing-masing. "Mereka bakal menjadi magnet pada pelaksaan Porprov kali ini," terang Andy.

Di nomor lari 100 meter putra bakal tersaji duel cukup seru. Zohri membawa nama Kabupaten Lombok Utara yang akan bersaing dengan senior-seniornya di Pelatnas, yakni Fadlin dari Kota Bima dan Iswandi dari Sumbawa Barat.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan Sapwaturrahman bakal turun membela Kabupaten Sumbawa di nomor 100 meter. Sebab, Sapwaturrahman sebelumnya juga pernah memperkuat tim estafet 4x100 meter NTB di PON.

"Kalau mereka turun, pasti laga itu bakal menjadi tontonan menarik untuk masyarakat NTB," tukasnya.

Baca: PBSI Percaya pada Pemain Muda


Menurut Andy Hadianto, pada Porprov 2018 ini akan tampil berbeda. Tahun ini dikemas dengan konsep "sport tourism". Pembukaan bakal dihelat di Kuta Mandalika dan beberapa cabang olahraga, seperti Billiard, Taekwondo dan Kempo dilaksanakan di pusat perbelanjaan (Mall) di kota Mataram.

Ia menyebutkan, penyelenggaraan Porprov 2018 diikuti 2.828 atlet dari 10 kabupaten/kota di NTB. Sedangkan, nomor yang dipertandingkan sebanyak 351 dari 28 cabang olahraga yang akan diperlombakan.

Sementara, jumlah offisial mencapai 856 orang. Wasit/juri 394 orang, sehingga total 4.072 orang yang terlibat langsung di Porprov NTB itu.

"Mereka akan memperebutkan 348 medali emas, 348 perak, dan 471 perunggu," ujar Andy.

Lebih lanjut, Andy menyatakan tujuan pelaksanaan Porprov tidak terlepas dari pembinaan prestasi. Dia yakin, di Porprov nanti bakal muncul bibit atlet potensial bagi NTB.

"Sebelumnya, dari Porprov muncul Iswandi yang dengan bakat alamnya bisa langsung ke pelatnas," bebernya.

Untuk itu, sudah saatnya olahraga itu dikemas lebih menarik untuk memberikan kesan positif sebagai langkah untuk memasyarakatkan olahraga di NTB.

"Tiap penyelenggaraan even harus di manajemen dengan baik supaya penonton lebih nyaman dan tertarik," tuturnya.

Menurutnya, momen pelaksanaan Porprov tahun ini cukup kompleks. Pelaksanaannya sebagai rangkaian HUT NTB yang berlangsung 17 Desember. Selain itu, Porprov juga sebagai ajang untuk membangkitkan semangat masyarakat pascagempa.

"Melalui pelaksanaan Porprov diharapkan perekonomian masyarakat semakin hidup dan kita ingin buktikan melalui Porprov kalau NTB aman dikunjungi," katanya. (Ant)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Pelatih Persija Sebut Tak Mudah Meraih Gelar Juara


(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi