Karateka Jawa Barat, Ivan Fairuz Taher (dok. PB PON XX Papua)
Karateka Jawa Barat, Ivan Fairuz Taher (dok. PB PON XX Papua)

PON Papua

Jawa Barat Tambah Emas dari Karate

Gregorius Gelino • 11 Oktober 2021 16:00
Jayapura: Kontingen Jawa Barat berhasil mempertahankan medali emas cabang olahraga karate melalui M. Ivan Fairuz Taher yang turun di nomor kata putra. Ivan menang atas Karateka asal Jawa Tengah, Detrina Sabda Nugraha.
 
Ivan yang baru pertama kali turun di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 kali ini menampilkan jenis Kata Oyadomari No Passai di partai final dengan perolehan angka 25.34. Sedangkan Detrina yang menampilkan Kata Sansai hanya meraih angka 24.6.
 
Sementara itu Karateka tuan rumah Papua, Kurniawan, harus puas berbagi tempat di peringkat ketiga sebagai peraih medali perunggu bersama Andi Dasril Dwi Darmawan asal Sulawesi Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemenangan atas Detrina ini pun disambut penuh suka cita oleh Ivan. Menurutnya, pencapaian medali emas ini adalah hasil dari proses panjang dirinya selama mengikuti latihan.
 
Ivan sendiri mengaku telah berlatih selama dua tahun sebelum menjalani debutnya di multi event olahraga terbesar di tanah air. Oleh sebab itu, ia merasa bersyukur mampu meraih sekaligus mempertahankan medali emas untuk Jawa Barat di nomor Kata Putra ini.
 
"Tentunya sangat senang, alhamdullilah, insyaallah akan saya pertahankan ke depannya. Proses latihannya kurang lebih sudah dua tahun, pokoknya pas dari Pra PON itu memang sudah persiapan," kata Ivan.
 
Satu tambahan medali emas yang didapat kontingen Jawa Barat dari cabang olahraga Karate ini membuat Jawa Barat semakin kokoh di puncak klasemen sementara perolehan medali emas PON XX Papua 2021. 
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif