Asian Games 2018

Sepak Takraw Asian Games 2018 Terapkan Regulasi Challenge

Deddy Pranata 19 Agustus 2018 01:10 WIB
asian games 2018
Sepak Takraw Asian Games 2018 Terapkan Regulasi <i>Challenge</i>
Panitia sedang mempersiapkan lapangan sepak takraw Asian Games 2018 di GOR Ranau, Sabtu 18 Agustus 2018. (Foto: Deddy Pranata/Medcom.id)
Palembang: Cabang olahraga (cabor) sepak takraw akan memperkenalkan regulasi baru yang diberi nama challenge. Itu akan digunakan demi meningkatkan kualitas keputusan wasit di ajang Asian Games 2018.

Dato Abdul Kadir bin Kader selaku presiden Asian Sepak Takraw Federation (ASTAF) mengatakan, terdapat puluhan kamera pengawas pertandingan yang akan mendukung peraturan challenge. Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan juri ahli yang netral.

Klik: Penyerang Tim Sepak Bola Putri Indonesia Iri dengan Timnas U-23


“Contoh, jika saya mengatakan challenge, lalu juri tersebut akan memperlihatkan rekaman dan memutuskan apakah bola itu masuk atau tidak. Penggunaan sistem challenge akan kami sampaikan pada pertemuan tim manajer dan technical delegate nanti,” urai Abdul Kadir pada Sabtu 18 Agustus.

Pria yang akrab disapa Dato itu juga menjelaskan, penggunaan regulasi challenge merupakan terobosan dalam perkembangan olahraga sepak takraw. Sebab, belum pernah ada peraturan baru dalam 50 tahun terakhir ini.

"Melalui sistem ini, kita bisa mengetahui apakah bola itu masuk atau tidak. Kemudian apakah bola itu ada di base line bagian depan atau belakang,” ujar Dato.

Klik: Modal Bagus Hanif Sjahbandi dengan Timnas U-23

Selain itu, lanjut dia, regulasi challenge memberi kesempatan kepada pelatih dan manajer untuk melakukan protes apabila ada hal-hal yang dianggap merugikan saat pertandingan. Dengan begitu, hasil laga bisa lebih diterima seluruh tim yang bertanding.

"Guna mendukung sistem ini, kami akan menggunakan 24 kamera yang tersebar di setiap sudut venue. Masing-masing kameranya memiliki speed 100 frame per second untuk melihat bola itu masuk atau keluar,” pungkas Abdul Kadir.

Sekilas, regulasi challenge ini terdengar sama seperti yang digunakan untuk cabor bulu tangkis. Namun, belum ada keterangan lebih lanjut terkait jatah penggunaan challenge dalam sepak takraw. Untuk bulu tangkis itu sendiri, permintaan challenge hanya diperbolehkan dua kali dalam tiap pertandingan.





(KAU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id