Presiden Joko Widodo berpidato dalam upacara pembukaan Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. (Foto: Istimewa)
Presiden Joko Widodo berpidato dalam upacara pembukaan Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. (Foto: Istimewa)

Gembira Buka WJWC 2022, Jokowi Ingatkan Seluruh Partisipan Jangan Hanya Fokus Bertanding

Kautsar Halim • 05 Desember 2022 22:27
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Kejuaraan Dunia Wushu Junior (WJWC) 2022 yang berlangsung di ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Banten pada 5-10 Desember mendatang. Dia pun menyempatkan diri untuk menyampaikan kata sambutan dan mengaku gembira dengan terselenggaranya event tersebut.
 
"Saya menyambut gembira penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 pada hari ini, dan saya mengucapkan selamat datang di Indonesia kepada seluruh delegasi wushu dari negara-negara sahabat, dari 61 negara yang mewakili lima benua," kata Jokowi di ICE BSD pada hari pertama penyelenggaraan, Senin (5/12/2022).
 
Jokowi lantas menyampaikan, WJWC 2022 bukan hanya semata-mata menggelar pertandingan saja. Namun, bisa menjadi jembatan persahabatan untuk mempererat tali silaturahmi persaudaraan antarbangsa. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebagaimana semangat unity and diversity. Kejuaraan ini bukan semata-mata pertandingan. Kejuaraan ini adalah jembatan persahabatan untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa," kata Jokowi.
 
Jokowi juga meminta para delegasi yang datang ke Indonesia tidak hanya menghabiskan waktu untuk menghadiri Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. Dia berharap, para partisipan juga memanfaatkan waktu untuk lebih mengenal Indonesia.
 
"Semua peserta datang ke Indonesia adalah untuk bertanding. Tetapi, saya sangat mengharapkan kehadiran Bapak, Ibu dan seluruh atlet sekalian dimanfaatkan untuk lebih dekat mengenal Indonesia," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto, turut menyampaikan kata sambutan dan menjelaskan bahwa Indonesia memiliki atlet wushu level dunia seperti Lindswell Kwok dan Edgar Xavier Marvelo. Kemudian, dia menyebutkan perhelatan WJWC di Indonesia ini merupakan yang terbesar dalam sejarah penyelenggaraannya karena diikuti 807 atlet dari 60 negara dan 2 daerah regional (Hongkong dan Macau).
 
Gembira Buka WJWC 2022, Jokowi Ingatkan Seluruh Partisipan Jangan Hanya Fokus Bertanding
 
Menko Perekonomian ini juga berharap WJWC bisa menjaring bibit-bibit terbaik atlet wushu Tanah Air karena cabor seni bela diri asal Tiongkok itu bakal mulai dilombakan di ajang Youth Olympic 2026 yang bergulir di Dakar, Senegal. Selain itu, wushu juga berpotensi menjadi salah satu cabor Olimpiade musim panas 2032.
 
"Atlet junior Indonesia yang tampil di kejuaraan dunia ini akan dipersiapkan untuk tampil di Youth Olympic Games 2026 nanti. Dan, mereka diharapkan bisa menggantikan posisi atlet-atlet senior untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi olahraga wushu Indonesia di masa mendatang," tutup Airlangga.

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif