?Tour de Singkarak 2018

Kecelakaan Beruntun di Etape 1 tak Menyurutkan Semangat TdS 2018

Kautsar Halim 04 November 2018 23:08 WIB
tour de singkarak
Kecelakaan Beruntun di Etape 1 tak Menyurutkan Semangat TdS 2018
Suasana setelah insiden di etape 1 Tour de Singkarak 2018. (Foto: Humas TdS)
Sijunjung: Etape 1 Tour de Singkarak (TdS) 2018 tidak selamanya berjalan mulus. Menjelang finis, terjadi kecelakaan beruntun yang membuat sejumlah peserta cedera dan tidak bisa melanjutkan lomba.

Start etape 1 TdS 2018 berlangsung di Lapangan Kantin, Bukittinggi pada Minggu 4 November. Dari situ, seratus lebih pembalap berlomba menuju garis finis di Gedung Pancasila, Kabupaten Sijunjung, yang berjarak 140,5 kilometer.

Sebagian besar jalannya lomba berlangsung lancar meskipun ditantang trek menanjak, berkelok dan sempat turun hujan juga. Insiden baru terjadi beberapa ratus meter menjelang finis karena ada salah satu pembalap yang kehilangan kendali.


Salah satu pembalap itu kehilangan kendali karena tidak siap dengan kondisi jalan yang bergelombang akibat baru ditambal. Imbasnya, sejumlah pembalap lain yang berada di belakangnya ikut terjatuh dan gagal finis.

Jamaludin selaku event director TdS 2018 menjelaskan, terdapat tujuh pembalap yang terlibat insiden dan cedera. Dua di antaranya harus mendapat perawatan intensif di RSUD Sijunjung dan satu lainnya harus menjalani rontgen di bagian tangan. Sementara itu, empat lainnya bisa meneruskan lomba.

Menurut Jamal, jalanan bergelombang karena aspalnya retak akibat tanah longsor beberapa waktu lalu. Kendati demikian, pihaknya sudah bergerak cepat dengan menambal jalan yang retak dan menempatkan marshall untuk memberi sinyal hati-hati.

"Penyambung antara aspal baru dan lama tidak rata. Namun, sudah ada peringatan dari marshall dengan pluit dan bendera. Kendati demikian, dari pihak pembalap tidak ada yang protes karena itu merupakan insiden balapan," kata Jamaludin.

Agar kejadian serupa tidak terulang lagi, Jamaludin menegaskan jika pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan, dan melihat perkembangan terbaru. Khususnya, ketika intensitas hujan terpantau cukup tinggi.

"Ya, untuk etape berikutnya akan dilakukan pemeriksaan. Kami update lagi kesiapannya agar tidak ada yang terhambat. Apalagi dengan kondisi hujan sekarang. Semoga semua pihak tetap waspada," tutupnya.

Etape 2 TdS 2018 yang berjarak 204,1 kilometer akan bergulir pada Senin 5 November pagi WIB. Start dimulai dari Taman Segitiga, Sawahlunto, untuk kemudian finis di Kantor Bupati, Dharmasraya. Pemandangan indah siap tersaji di sepanjang rute, meskipun lintasannya berkelok dan menanjak.

Eko Yuli Irawan Sukses Pecahkan Dua Rekor Dunia




(FIR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id