Menpora Zainudin Amali. (Foto: dok Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto: dok Kemenpora)

Indonesia Bakal Punya Grand Design Keolahragaan Nasional

Olahraga olahraga kemenpora
Kautsar Halim • 11 Januari 2021 18:06
Surabaya: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 pada beberapa bulan lalu. Saat itu, Jokowi meminta agar Menpora meninjau total ekosistem olahraga nasional. 
 
Zainudin berpendapat, kunci utama ekosistem olahraga nasional yang baik adalah harus memiliki Grand Design Keolahragaan Nasional. Itu dia sampaikan saat membuka acara uji publik FGD Grand Design Keolahragaan Nasional bersama pakar, akademisi dan seluruh stakeholder olahraga Indonesia di Ballroom JW Marriot, Surabaya, Sabtu 9 Januari lalu. 
 
"Uji publik yang kita lakukan hari ini adalah etape terakhir, setelah dilakukan di beberapa perguruan tinggi lainnya. Kita ingin, apa yang dihasilkan ini benar-benar sesuai dengan arahan bapak Presiden Jokowi. Kita ingin me-review total ekosistem pembinaan olahraga Indonesia," kata Zainudin. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Grand Desain Keolahragaan Nasional, jelas Zainudin, merupakan pondasi terhadap pembinaan dan prestasi olahraga di Indonesia. Dengan begitu nantinya, prestasi tidak lahir secara kebetulan dan bakal tercipta secara berjenjang dengan baik.
 
Dia mengambil contoh, Lalu Muhamad Zohri yang menjadi pelari kebanggaan Indonesia setelah menjadi juara dunia junior. Menurut Zainudin, Zohri memang lahir dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), tetapi tidak terdesain secara berjenjang. 
 
"Terus terang, prestasi-prestasi yang muncul masih sebuah prestasi yang tidak terdesain. Muncul secara kebetulan atau ada yang punya talenta dipoles sedikit bisa menjadi juara. Tapi setelah itu, tidak ada pelapis-pelapis yang setiap tahunnya dipersiapkan dengan baik. Saya ingin, Grand Design Keolahragaan ini bisa memperbaiki itu semua," katanya. 
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif