Atlet Indonesia tengah berlatih sebagai persiapan tampil di ASEAN School Games 2019 di Semarang (Foto: ANTARA/Aji Styawan)
Atlet Indonesia tengah berlatih sebagai persiapan tampil di ASEAN School Games 2019 di Semarang (Foto: ANTARA/Aji Styawan)

ASEAN School Games 2019

Arak-arakan Api Abadi Buka Rangkaian ASEAN School Games 2019

Olahraga asean school games
Mustholih • 16 Juli 2019 21:15

ASEAN School Games 2019 akan menggelar sembilan cabang olahraga. Yakni atletik, renang, tenis, tenis meja, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli, bola basket, dan pencak silat.


Semarang: Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang, bersiap menyelenggarakan ASEAN School Games 2019. Ajang olahraga tingkat pelajar se-Asia Tenggara itu akan dibuka di Holy Stadium, Marina, Semarang, pada pukul 15.00 WIB, Kamis 18 Juli 2019.
 
Pelaksana tugas Kepala Bidang Olahraga pada Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah, Kuncoro Dwi Wibowo, mengatakan persiapan pelaksanaan ASEAN School Games 2019 sudah mendekati rampung.
 
"Dari sisi venue, dari kemarin sudah loading beberapa peralatan kita. Diharapkan, 18 Juli, semua venue sudah bisa dilaksanakan uji coba," kata Kuncoro kepada medcom.id, Selasa 16 Juli 2019.
 

Baca: Kevin/Marcus Dipaksa Kerja Keras pada Babak Pertama


Dari sisi penginapan peserta dan pelatih ASG, kata Kuncoro, pihak panitia sudah menyiapkan 11 hotel. "Sembilan hotel untuk peserta cabang olahraga dan dua hotel untuk kesekretariatan dan pertemuan," ujar Kuncoro menegaskan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Kuncoro, rangkaian acara ASG akan dimulai dengan torch relay (pengambilan) Api Abadi di Mrapen Grobogan, Jawa Tengah, pada pukul 10.00 WIB, Rabu 17 Juli 2019. Api tersebut lalu diarak oleh sebelas pelari menuju Semarang.
 
"Begitu masuk Kota Semarang akan disambut masyarakat, pelajar. Arak-arakan berhenti di (Museum) Lawang Sewu," ungkap Kuncoro seraya menambahkan bahwa di Lawang Sewu arak-arakan api abadi ini akan disambut oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.
 
Dari Lawang Sewu, Hendrar Prihadi lalu berganti memimpin arak-arakan api abadi menuju Balai Kota Semarang. Di Balai Kota, kata Kuncoro, api akan disemayamkan selama semalam.
 
"Pukul 15.00 WIB, 18 Juli, api diarak ke Holy Stadium dengan pengiring dari komunitas sepeda ontel. Sampai di Holy Stadium api obor dinyalakan sebagai penanda ASG di buka," jelas Kuncoro.
 

Baca juga: Anthony Ginting Susah Payah Lalui Babak Pertama


Kuncoro mengakui hiruk pikuk ASG 2019 jelang pembukaan memang tidak semeriah saat Indonesia menyelenggarakan Asian Games 2018. Kuncoro menduga kebetulan jelang ASG 2019, Kota Semarang juga mengadakan sejumlah even besar berskala internasional. 
 
"Kebetulan ini gawe bersama Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kota. Kami berharap besar peran Pemkot untuk menggelorakan. Tapi, kebetulan kota semarang ada even besar seperti APKESI, dan MXGP. Tadi baru selesai dengan Ibu Wakil Wali Kota, mulai digeber hari ini pemasangan baliho, dan spanduk di Semarang. Dari Pemprov, paling kami hanya fasilitasi beberapa titik baliho dan beberpa videotron," ungkapnya.
 
Kuncoro menegaskan ASG 2019 sebenarnya hajat Kementerian Pemuda dan Olahraga. Pemerintah Provinsi Jateng hanya berkonsentrasi pada acara pembukaan dan penutupan ASG 2019.
 
"Teknis penyelenggaraan ada di Kemenpora. Kita hanya fasilitasi opening dan closing serta rapat-rapat koordinasi," terangnya.
 
ASEAN School Games 2019 akan menggelar sembilan cabang olahraga. Yakni atletik, renang, tenis, tenis meja, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli, bola basket, dan pencak silat. Total ada 117 nomor yang dipertandingkan.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video: ?De Ligt Segera Gabung Juventus

 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif