Geraint Thomas. (Anne-Christine POUJOULAT / AFP)
Geraint Thomas. (Anne-Christine POUJOULAT / AFP)

Gowes 36 Jam, Mantan Juara Tour de France Sumbang Rp5,7 Miliar

Olahraga Virus Korona balap sepeda sportainment
Kautsar Halim • 19 April 2020 07:49
Jakarta: Mantan juara Tour de France Geraint Thomas berhasil mengumpulkan 300.000 poundsterling atau sekitar Rp5,7 miliar lewat mengayuh sepeda selama 36 jam di rumahnya. Uang tersebut akan ia sumbangkan kepada Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) yang sedang memerangi pandemi covid-19.
 
Pembalap sepeda asal Wales itu mengayuh turbo bike selama 12 jam dalam tiga hari sambil mengisolasi diri. Periode 12 jam itu bermaksud untuk menyimulasikan jam kerja para pekerja kesehatan di Inggris.
 
Meski hanya bersepeda di rumah, tantangan tersebut tetap tidak mudah dilakukan. Thomas bahkan mengaku kesulitan untuk duduk ketika menyelesaikannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tak berlebihan, tapi dua jam terakhir adalah yang hal terberat yang pernah saya rasakan di atas sepeda," kata Thomas kepada BBC seperti dikutip AFP, Sabtu (18/4/2020)
 
"Saya nyaris tak bisa duduk," tambah juara Tour de France 2018 itu.
 
Musim balap sepeda terpaksa tertunda karena pandemi virus korona. Tantangan yang dibuat Thomas sama saja dengan menyelesaikan delapan hingga sembilan etape Tour.
 
"Saya akan istirahat satu pekan untuk memulihkan diri dari ini," kata Thomas setelah menyelesaikan target 36 jam di atas sepedanya.
 
"Perjalanan terjauh yang pernah aku tempuh di jalan adalah delapan jam dan 20 menit di dalam grup dan itu pun dengan berhenti untuk (minum) kopi," tambahnya.
 
"Biasanya, di atas (sepeda) turbo paling lama tiga jam dan banyak perbedaannya dari mengayuh sepeda biasa yang mana kalian bisa melihat pemandangan dan jalur turunan," pungkas peraih dua medali emas Olimpiade itu. (ANT)
 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif