Tour de Singkarak 2018

Kemeriahan Upacara Pembukaan Tour de Singkarak 2018

Kautsar Halim 04 November 2018 10:26 WIB
tour de singkarak
Kemeriahan Upacara Pembukaan Tour de Singkarak 2018
Drs. H. Nasrul Abit selaku Wakil Gubernur Sumatera Barat turut bersyukur event Tour de Singkarak (Foto: Tesar/Medcom.id)
Bukittinggi: Seremoni pembukaan Tour de Singkarak 2018 berlangsung meriah di Lapangan Kantin, Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu 3 November malam WIB. Acara dihadiri seluruh pihak yang terkait, tak terkecuali para pembalap dan masyarakat setempat.

Marching band lokal, Gita Jam Gadang, tampil lebih dahulu untuk menandai bahwa seremoni upacara pembukaan akan segera dimulai. Mereka membawakan tiga lagu khas Minang yang dikemas dengan irama penuh semangat.

Hujan gerimis dan udara dingin yang menyelimuti tidak menghalangi keberlangsungan acara. Para masyarakat tetap memadati lapangan meskipun harus menggunakan payung atau jaket tebal. Semangat yang sama juga ditunjukkan para stakeholder saat memberikan kata sambutan.


Hampir seluruh pejabat kota dan daerah terkait ikut menyaksikan upacara pembukaan, tak terkecuali Wakil Gubernur Sumatera Barat maupun perwakilan Kementerian Pariwisata serta Pengurus Besar Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia PB ISSI.


Para stakeholder yang terlibat di Tour de Singkarak (Tesar/Medcom.id)

Selesai sesi penyampaian kata sambutan, seluruh stakeholder berkumpul di panggung. Secara serentak, mereka memukul gendang khas Minang sebagai tanda bahwa event Tour de Singkarak yang ke-10 resmi dimulai. Kegiatan memukul gendang dilanjutkan dengan serah terima bendera event kepada pejabat daerah yang wilayahnya bakal dilintasi.

Upacara pembukaan ditutup dengan suguhan musik Andra and The Backbone. Para masyarakat yang tadinya berada di sisi lapangan dipersilakan memadati area depan panggung agar lebih nyaman menyaksikan dan bisa berinteraksi dengan band rock asal Ibu Kota tersebut.


Penampilan Andra and the Backbone menambah meriah pembukaan TdS (Foto: Tesar/Medcom.id)

Drs. H. Nasrul Abit selaku Wakil Gubernur Sumatera Barat turut bersyukur event Tour de Singkarak bisa kembali terselenggara pada tahun ini. Berbagai persiapan dikatakannya sudah dilakukan agar kualitas event semakin baik. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat sekitar bisa terangkat dan nama bangsa makin harum di kancah internasional.

"Kami sebagaimana masyarakat Sumatera Barat cinta sepeda. Tahun ini, Tour de Singkarak menempuh jarak sekitar 1.276 km. Lewat event ini, jalan-jalan pun diperbaiki dan mobilitas bisa semakin lancar," ujar Nasrul kepada wartawan seusai upacara pembukaan.

"Selain itu, pertumbuhan destinasi wisata yang terus dilakukan juga diharapkan bisa memancing masyarakat atau wisatawan untuk melihat event Tour de Singkarak," tambahnya.

Tour de Singkarak merupakan salah satu ajang balap sepeda tahunan internasional kebanggaan Tanah Air. Perhelatannya melibatkan 16 Kabupaten di Sumatera Barat dan diikuti para peserta dari 26 negara.

Selain ditantang dengan trek berkelok dan menanjak khas wilayah Sumatera Barat, para pembalap juga bakal menikmati panorama berbeda-beda di delapan etape lomba. Event ini berlangsung setiap hari pada 4 sampai 11 November.

Eko Yuli Rebut Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi




(FIR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id