Cori Gauff, petenis 15 tahun yang membuat kejutan besar di babak pertama Wimbledon 2019 dengan menyingkirkan petenis kawakan Venus Williams (Foto:  Ben STANSALL / AFP)
Cori Gauff, petenis 15 tahun yang membuat kejutan besar di babak pertama Wimbledon 2019 dengan menyingkirkan petenis kawakan Venus Williams (Foto: Ben STANSALL / AFP)

Wimbledon 2019

10 Fakta Cori Gauff, Siswi SMA yang Menyingkirkan Venus Williams di Wimbledon

Olahraga wimbledon tenis wimbledon
Achmad Firdaus • 02 Juli 2019 15:25
Cori Gauff baru menginjak usia 15 tahun saat mengalahkan Venus Williams di babak pertama Wimbledon 2019. Sebelum Gauff lahir, Venus sudah mengantongi dua gelar Wimbledon.
 
London:
Babak pertama turnamen tenis grand slam Wimbledon 2019 langsung dibuat heboh oleh petenis berusia 15 tahun. Cori Gauff namanya. Siswi SMA ini menjadi sorotan dunia berkat aksinya menyingkirkan petenis sekaliber Venus Williams.
 
Gauff atau akrab disapa Coco tidak terlihat canggung saat berhadapan dengan Venus yang notabene adalah idolanya. Penampilannya bahkan sangat mengalir bak petenis yang biasa berlaga di ajang besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pukulan-pukulan yang dilepaskan Gauff kerap membuat Venus kesulitan. Ia bahkan sempat mengecoh Venus lewat pukulan lob yang sekaligus membuat Gauff mengamankan set pertama, sebelum akhirnya membungkus kemenangan straight set 6-4 dan 6-4.

Baca:Wimbledon: Venus Williams Dipecundangi Petenis 15 Tahun


Yang membuat kemenangan ini menarik adalah sosok Gauff yang sama sekali tidak dikenal orang. Gauff mendapatkan wildcard untuk bisa tampil di ajang Wimbledon, meskipun harus lebih dulu berjibaku di babak kualifikasi.
 
Lantas, siapakah Cori Gauff? Untuk mengetahui lebih jauh terkait petenis berusia 15 tahun tersebut, medcom.id telah merangkum 10 fakta tentangnya:
 
1. Cori "Coco" Gauff berasal dari Florida Amerika Serikat. Ia lahir pada 13 Maret 2004. Sebelum Gauff lahir, Venus sudah mengantongi dua gelar Wimbledon.
 
2. Di usia 15 tahun, Gauff mencatatkan diri sebagai petenis termuda yang lolos ke babak utama Wimbledon pada era Open.
 
3. Gauff tumbuh berkembang dengan mengidolai Venus dan Serena Williams. Dalam sebuah wawancara dengan BBC Sport, Gauff menjelaskan bahwa Venus dan Serena adalah "alasanya menggeluti dunia tenis".
 
4. Gauff memulai bermain tenis dan menekuninya pada usia 7 tahun, atau pada tahun 2011 di mana saat itu Serena tengah merajai dunia tenis.
 
5. Gauff tumbuh berkembang di Atlanta, tapi saat ini ia tinggal di Delray Beach, Florida.

Baca juga:Hasil Lengkap Hari Pertama Wimbledon 2019


6. Gauff terlahir dari keluarga atlet, meski bukan atlet top. Ayahnya merupakan atlet basket di klub divisi 1 Georgia State dan ibunya adalah atlet track and field di negara bagian Florida.
 
7. Sebelum membuat kejutan dengan mengalahkan Venus, Gauff sudah memiliki dua sponsor, yakni New Balance (produsen olahraga) dan perusahaan makanan asal Italia, Barilla yang juga mensponsori maestro tenis Swiss, Roger Federer.
 
8. Gauff punya postur cukup ideal untuk menjadi atlet tenis. Tinggi badannya adalah 175cm.
 
9. Sejak menekuni karier profesional, rangking terbaik yang pernah dicapai Gauff adalah 299 dunia. Saat ini, ia berada di urutan 313 dunia.
 
10. Gauff memulai debut profesionalnya pada Mei 2018 sebagai petenis kualifikasi di ajang Osprey. Di ajang pertamanya itu, Gauff sukses meraih kemenangan pertamanya sebagai petenis profesional.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video: Zaha Mimpikan Bermain di Arsenal

 
(ACF)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif