Menpora Imam Nahrawi (Foto: medcom.id/Rendy Renuki)
Menpora Imam Nahrawi (Foto: medcom.id/Rendy Renuki)

Menpora: Jangan Khawatirkan Pendanaan Olimpiade 2032

Olahraga kemenpora Olimpiade 2032
Muhammad Al Hasan • 21 Februari 2019 22:18
Selain harus menyiapkan dana besar, Indonesia juga harus bersaing dengan sejumlah negara maju seperti Jerman dan Australia untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032.
 
Jakarta:
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Hal itu dibuktikan dengan penyerahan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss pada 11 Februari 2019, melalui Dubes RI, Muliaman D Hadad.
 
Imam menambahkan bahwa memang bukan perkara mudah untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade. Indonesia harus bersaing dengan negara-negara lain dan proses seleksinya dilakukan tujuh tahun sebelum Olimpiade.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara ini, Indonesia dipastikan bersaing dengan negara seperti Jerman, Australia, dan India dalam pencalonan host Olimpiade 2032 itu. Ketiga negara itu dikabarkan sudah memberikan surat pencalonan juga.

Baca:Sosok Ketum PSSI Ideal Versi Menpora


Belum lagi terkait biaya yang akan digelontorkan oleh pemerintah. Menurut jurnalis Metro TV Wahyu Wiwoho dalam acara Metro Siang, calon tuan rumah harus menyiapkan dana setidaknya USD150 juta atau sekitar 2 triliun rupiah (untuk kurs sekarang) untuk bidding host di tahun 2024 nanti.
 
Namun Menpora tetap berkeyakinan bahwa hal tersebut bisa tercapai apalagi Indonesia memiliki jangka waktu yang panjang. Selain itu, pihaknya dan pemerintah juga terus mencari jalan untuk merealisasikan gagasan ini.
 
"Katakanlah nanti dalam penyelenggaraan membutuhkan biaya, tentu kita akan menyiapkan dengan baik. Dan kami yakin bahwa di tahun 2032 ekonomi kita akan menjadi sesuatu yang ditakuti negara lain dan tahapan itu harus dimulai dari sekarang," ujar dia.
 
"Jadi tidak hanya bagaimana kita khawatir soal pendanaan tapi bagaimana juga kita bisa meyakinkan negara IOC nanti bahwa kita ini betul-betul sudah siap semuanya," imbuhnya
 
"Oleh karenanya, menurut saya hari ini kita segera membuat tim untuk meyakinkan negara-negara anggota IOC, melobi negara-negara lain agar nanti ketika negara lain ikut aplikasi tuan rumah olimpiade 2032 kita sudah menyiapkan semuanya," kata dia.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Legenda Liverpool Bicara Nostalgia Istanbul


 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi