Kejuaraan Panjat Tebing di Kompleks Stadion Pakansari. (Foto: medcom.id/Rizky Dewantara)
Kejuaraan Panjat Tebing di Kompleks Stadion Pakansari. (Foto: medcom.id/Rizky Dewantara)

Atlet Panjat Tebing Indonesia Asah Mental Bertanding di Kejuaraan Asia

Olahraga panjat tebing
Rizky Dewantara • 08 November 2019 16:14
Bogor: Kejuaraan panjat tebing IFSC ACC Asian Championship 2019 digelar di kompleks Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kejuaraan tingkat Asia ini mulai dihelat sejak Rabu, 6 November hingga Minggu, 10 November 2019.
 
Kompetisi internasional panjat tebing ini merupakan even tahunan yang diselenggarakan di bawah International Federation of Sport Climbing (IFSC), Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Supersport Sensation International (SSS) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Kejuaraan ini diikuti 299 peserta dari 14 negara.
 
CEO Supersport Sensation International (SSS), Azwan Karim mengatakan, persiapan panitia pelaksana (Panpel) dalam menggelar even bergengsi ini sudah sangat matang. Ia berharap, ajang ini tidak hanya sukses sebagai penyelenggaran, namun juga atlet Indonesia dapat berprestasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Azwan, cabang olahraga (cabor) panjat tebing memiliki potensi untuk berprestasi di ajang internasional. Saatnya atlet Indonesia membuktikannya di kompetisi berskala internasional ini.
 
"Karena kami berharap tim Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di ajang Olimpiade Tokyo 2020 mendatang,” ujar Azwan di stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 8 November 2019.
 
Terpisah, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Faisol Riza mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mencari bibit-bibit baru atlet panjat tebing. Selama ini cabor tersebut sangat bisa diandalkan di even dunia.
 
Sambung dia, yang menarik mengapa even ini diselenggarakan, karena olah raga panjat tebing merupakan salah satu cabor Indonesia menorehkan berprestasi di level dunia.
 
“Beberapa atlet Indonesia merupakan juara dunia di kategori Speed yaitu Puji Lestari, Alfian M. Fajri dan Aries Susanti,” ujar Faisol baru-baru ini di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
 
Faisol menjelaskan, even ini merupakan bagian dari pembinaan jangka panjang yang sedang dilakukan FPTI. Targetnya, mengantarkan Indonesia berprestasi di Olimpiade 2020 dan 2024.
 
“Jenjang kejuaraan ini merupakan langkah strategis bagi atlet Indonesia ke depan. Selain sebagai ajang mengasah mental bertanding, ajang ini juga menjadi barometer kemampuan atlet Indonesia di tingkat Asia,” terangnya.
 
Video: 4 Wakil Indonesia Melaju ke Perempat Final Fuzhou China Open 2019
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif