Atlet Lompat Jauh Indonesia Sapwaturrahman saat tampil pada babak final Lompat Jauh Putra Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/INASGOC/Dwi Oblo)
Atlet Lompat Jauh Indonesia Sapwaturrahman saat tampil pada babak final Lompat Jauh Putra Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/INASGOC/Dwi Oblo)

Atlet Lompat Jauh Indonesia Kena Diskualifikasi di Final

Olahraga olahraga atletik
Kautsar Halim • 25 April 2019 07:06
Doha: Atlet lompat jauh Indonesia, Sapwaturrahman, pulang dengan tangan hampa di ajang Kejuaraan Atletik Asia 2019. Dia gagal di final karena lompatannya dianggap salah atau kena diskualifikasi.
 
"Sapwa tadi foul (pelanggaran) tiga lompatan," kata pelatih lompat jauh PB PASI, Arya Yuniawan Purwoko ketika dihubungi Antara, Kamis 25 April dini hari WIB.
 
Kejuaraan Atletik Asia 2019 berlangsung di Doha, Qatar pada 21-24 April. Di sana, Sapwa bersaing dengan atlet Jepang, Uzbekistan dan Sri Lanka.

Klik:Ahsan/Hendra Mundur dari Badminton Asia Championship 2019


Menurut Arya, kesalahan yang dilakukan Sapwa adalah keterlambatan kaki saat mendarat sehingga melebihi batas yang diperbolehkan. Hal ini dianggapnya lumrah karena atlet dunia juga pernah mengalami.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hanya ketelatan kaki yang tidak pas. Semua foul sekitar satu sentimeter," kata Arya.

Klik:Lalu M Zohri Rebut Perak di Kejuaraan Atletik Asia


Sapwaturrahman punya modal bagus dalam turnamen karena berstatus sebagai pemilik perunggu Asian Games 2018. Dikonfirmasi atas kegagalannya, dia mengaku sudah memberi yang terbaik tapi tampil kurang aman pada final.
 
"Sebetulnya tadi Alhamdulillah lompatannya bagus. Hanya saja dianggap tidak sah. Insyaallah ke depannya saya lebih baik lagi," kata Sapwa.
 
Kejuaraan Atletik Asia 2019 nomor lompat jauh dimenangkan Yuki Hashioka dari Jepang dengan jarak lompatan 8,22 meter. Zhang Yaoguang dari Tiongkok meraih perunggu dengan jarak lompatan 8,13 meter, sedangkan perunggunya disabet Huang Changzhou yang juga dari Tiongkok dengan jarak lompatan 7,97 meter. (ANT)
 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif