Piala AFF Futsal 2018

AFF Futsal: Bungkam Vietnam, Thailand Jumpa Indonesia di Semifinal

Achmad Firdaus 07 November 2018 19:23 WIB
Piala Aff Futsal
AFF Futsal: Bungkam Vietnam, Thailand Jumpa Indonesia di Semifinal
Skuat Timnas Futsal Thailand (Foto: FIFA.Com)
Yogyakarta: Timnas Futsal Thailand akan berhadapan dengan Indonesia pada babak semifinal Piala AFF Futsal 2018. Kepastian itu didapat usai Thailand membungkam Vietnam di laga terakhir penyisihan Grup B, Rabu 7 November 2018.

Bertarung di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Thailand dan Vietnam sama-sama sudah memastikan tiket lolos karena sukses memenangi dua pertandingan melawan Timor Leste dan Brunei Darussalam. Praktis, pertarungan ini hanya memperebutkan status juara grup.

Meski demikian, jalannya pertandingan berlangsung sengit, terutama di babak kedua. Wasit bahkan harus mengeluarkan dua kartu merah.
 

Baca: Cukur Kamboja, Timnas Futsal Indonesia Melangkah ke Semifinal


Di babak pertama, baik Thailand maupun Vietnam tampak masih berhati-hati dalam membangun serangan. Setelah enam menit saling mencari celah, Vietnam akhirnya sukses mencuri gol lewat sundulan Tien Van Vu usai memanfaatkan sepak pojok.



Tertinggal, Thailand langsung meningkatkan agresivitas serangan. Namun, gol yang ditunggu-tunggu baru datang saat babak pertama menyisakan satu menit. Gol Thailand dicetak Jetsada Chudech lewat titik penalti. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Thailand langsung tancap gas. Laga baru berjalan dua menit, mereka sukses membalikkan kedudukan menjadi 2-1 lewat tendangan bebas Ronnachai Jungwongsuk.

Pertarungan berubah jadi keras usai gol Thailand. Vietnam bahkan harus kehilangan salah satu pemainnya usai menerima kartu merah pada menit ketiga.

Hadiah tendangan bebas yang diberikan wasit dimaksimalkan menjadi gol oleh para pemain Thailand. Untuk kali ketiga, skema bola mati Thailand sukses membobol gawang Vietnam. Tendangan bebas Kiatiyot Chalarmkhet membawa Thailand unggul 3-1.
 

Baca juga: Etape 4: Para Pembalap Ditantang Ekstremnya Kelok 44


Satu menit berselang, giliran Thailand yang harus bermain dengan empat pemain selama dua menit menyusul kartu merah yang diterima Chaivat Jamgrajang.

Momentum unggul jumlah pemain langsung dimanfaatkan Vietnam untuk membombardir pertahanan Thailand. Sayangnya, karena kurang sabar dalam membangun serangan dan penampilan ciamik dari kiper Thailand, Katawut Hankampa, Vietnam gagal memperkecil ketertinggalan.

Thailand akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan 4-1 pada menit ke-14. Jetsada Chudech berhasil mencetak gol keduanya usai memaksimalkan umpan matang Suphawut Thueanklang yang sebelumnya sukses mencuri bola dari pemain Vietnam.

Berkat kemenangan ini, Thailand dipastikan tampil sebagai juara Grup B dengan rekor sempurna (9 poin). Itu berarti, di babak semifinal nanti mereka akan berhadapan dengan tuan rumah Indonesia yang lolos sebagai runner-up Grup A. Adapun, Vietnam akan bersua Malaysia. Laga semifinal akan digelar pada Jumat, 9 November 2018.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Masyarakat Antusias Sambut Piala AFF 2018





(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id