Bagi yang belum familiar dengan dunia F1, memahami istilah-istilah ini adalah langkah awal untuk menikmati setiap momen balapan dengan lebih baik.
Berikut beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam Formula 1.
1. Grid
Grid adalah formasi posisi start para pembalap di lintasan sebelum balapan dimulai. Urutan grid ditentukan oleh hasil sesi kualifikasi, di mana pembalap tercepat akan start dari posisi terdepan, atau dikenal sebagai pole position.Baca juga: Ini 5 Sirkuit Legendaris dengan Trek Tersulit di Formula 1 |
2. Pole Position
Pole position adalah posisi terdepan di grid start, yang diberikan kepada pembalap dengan waktu tercepat dalam sesi kualifikasi. Start dari pole position memberikan keuntungan strategis karena pembalap berada di posisi terbaik untuk memimpin balapan.3. Pit Stop
Pit stop adalah pemberhentian singkat yang dilakukan pembalap selama balapan untuk mengganti ban, mengisi bahan bakar (sebelum 2010), atau memperbaiki kerusakan pada mobil. Kecepatan dan koordinasi tim dalam melakukan pit stop sering kali menjadi kunci kemenangan dalam balapan.4. Undercut
Undercut adalah strategi ketika seorang pembalap melakukan pit stop lebih awal dari lawannya dengan harapan ban baru akan memberikan kecepatan lebih sehingga dapat menyalip lawan yang melakukan pit stop setelahnya.5. Overcut
Kebalikan dari undercut, overcut adalah strategi di mana seorang pembalap tetap di lintasan lebih lama sebelum melakukan pit stop dengan harapan bisa mengembangkan kecepatan yang cukup untuk menyalip lawan yang sudah melakukan pit stop lebih awal.6. DRS (Drag Reduction System)
DRS adalah sistem yang memungkinkan sayap belakang mobil dibuka untuk mengurangi hambatan udara, sehingga meningkatkan kecepatan di lintasan lurus. Penggunaan DRS diizinkan hanya di area tertentu di lintasan dan ketika pembalap berada dalam jarak satu detik dari mobil di depannya.7. Safety Car
Safety car adalah mobil yang dikerahkan di lintasan saat terjadi insiden atau kondisi berbahaya, seperti kecelakaan atau cuaca ekstrem. Safety car memimpin rombongan pembalap dengan kecepatan yang lebih lambat untuk menjaga keamanan, dan pembalap tidak diizinkan menyalip selama periode ini.8. Fastest Lap
Fastest lap adalah catatan waktu putaran tercepat yang dicapai oleh seorang pembalap dalam balapan. Sejak 2019, pembalap yang mencatatkan fastest lap dan finis di posisi sepuluh besar mendapat tambahan satu poin dalam klasemen.9. Understeer dan Oversteer
Understeer adalah kondisi ketika mobil tidak berbelok cukup tajam meskipun kemudi sudah diputar, sehingga mobil cenderung melebar keluar dari tikungan. Sebaliknya, oversteer terjadi ketika bagian belakang mobil kehilangan traksi, membuat mobil berbelok lebih tajam dari yang diinginkan dan bisa menyebabkan mobil berputar.10. Paddock
Paddock adalah area di belakang pit di mana tim balap memiliki garasi mereka, dan di mana mobil-mobil diperbaiki atau disetel ulang. Paddock juga merupakan tempat berkumpulnya para pembalap, mekanik, dan personel tim lainnya.11. Chicane
Chicane adalah tikungan ganda atau rangkaian tikungan yang dirancang untuk memperlambat kecepatan mobil di lintasan lurus. Chicane sering ditempatkan di lintasan untuk meningkatkan tantangan teknis bagi pembalap.12. G-Force
G-force adalah gaya gravitasi yang dirasakan oleh pembalap saat berakselerasi, berbelok, atau melakukan pengereman dengan kecepatan tinggi. G-force yang tinggi dapat memberikan tekanan fisik yang signifikan pada tubuh pembalap.13. Parc Fermé
Parc fermé adalah area di mana mobil ditempatkan setelah sesi kualifikasi hingga sebelum balapan dimulai. Selama periode ini, mobil tidak boleh dimodifikasi atau disetel ulang oleh tim kecuali dengan izin resmi dari pengawas balapan.14. Qualifying (Kualifikasi)
Kualifikasi adalah sesi yang menentukan posisi start pembalap di grid pada hari balapan. Biasanya terdiri dari tiga sesi (Q1, Q2, dan Q3), di mana pembalap berusaha mencatatkan waktu terbaik mereka.15. Race Pace
Race pace mengacu pada kecepatan rata-rata yang dapat dipertahankan oleh mobil selama balapan. Ini berbeda dengan kecepatan tertinggi (top speed) dan lebih mencerminkan konsistensi dan efisiensi mobil.16. Telemetry
Telemetry adalah data yang dikirim secara real-time dari mobil ke tim di pit, mencakup berbagai aspek seperti kecepatan, suhu ban, putaran mesin, dan lainnya. Data ini digunakan untuk memantau performa mobil dan membuat keputusan strategis selama balapan.Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id