Lalu Zohri Juara Dunia Atletik

PASI Siapkan Program Jangka Panjang untuk Zohri usai Asian Games

Patrick Pinaria 19 Juli 2018 23:57 WIB
kejuaraan dunia atletikLalu Zohri
PASI Siapkan Program Jangka Panjang untuk Zohri usai Asian Games
Lalu Muhammad Zohri (Foto: AFP/Lehtikuva/Kalle Parkkinen)
Jakarta: Sejumlah program sudah dirancang Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) untuk Lalu Muhammad Zohri. Mereka akan berupaya untuk meningkatkan performa sang atlet untuk bisa bersaing di level senior.

Nama Zohri memang sedang menjadi buah bibir di kalangan publik Indonesia setelah berhasil menjadi juara di Kejuaraan Dunia Atletik U-20, 11 Juli. Saat itu, atlet berusia 18 tahun tersebut mampu finis di urutan pertama di nomor lari 100 meter.

Prestasi yang membanggakan buat Zohri, terutama untuk Indonesia. Sebab, ia menjadi atlet muda Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar di Kejuaraan Dunia Atletik sejak 32 tahun terakhir.


Baca: Jakarta Internasional Velodrome Sudah Layak Gelar Olimpiade

PB PASI tidak ingin Zohri puas dengan prestasinya. Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB PASI Tigor Tanjung, masih banyak yang harus dikembangkan sang atlet agar bisa bersaing, bahkan berprestasi di level senior.

Karena itu, Tigor memastikan PB PASI segera merancang program-program latihan jangka panjang untuk meningkatkan performa Zohri. Sejumlah program tersebut juga dipersiapkan agar Zohri bisa bersaing di turnamen senior berlevel tinggi seperti SEA Games 2019 di Filipina dan Olimpiade 2020 di Jepang.

"Tahun depan, ada beberapa kejuaraan. Tetapi, barangkali, yang difokuskan pemerintah adalah SEA Games di Filipina. Tinggal bagaimana kami membuat program agar ia bisa berprestasi paling tinggi di SEA Games," ujar Tigor.

"Kemudian, tahun depan ada Olimpiade. Kami berharap pelari seperti Zohri bisa berprestasi juga di ajang tersebut," lanjutnya.

Baca: Menteri PUPR: Sarana Prasarana Asian Games Berstandar Dunia

Lebih lanjut, Tigor memastikan program tersebut akan segera dibuat setelah Asian Games 2018. Sebab, Zohri masih fokus untuk menjalani persiapan latihan untuk tampil di pesta olahraga bergengsi di benua Asia itu.

"Sebentar lagi. Setelah Asian Games, kami akan membuat program untuk setahun ke depan. Di situlah, kami akan membuat supaya ia bisa berprestasi di SEA Games," papar Zohri.

Saat ini, Zohri melakukan persiapan latihan untuk tampil di Asian Games 2018. Turnamen cabang olahraga atletik pada ajang tersebut akan digelar pada 25 Agustus hingga 30 Agustus. 


Video: Empat Petenis Ikuti Turnamen untuk Pemanasan Asian Games

 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id