Desiana Syahfitri mengisi podium kedua. (Foto: Istimewa)
Desiana Syahfitri mengisi podium kedua. (Foto: Istimewa)

Atlet Karawang Harumkan Nama Indonesia Lewat Kejuaraan Dunia Sambo

Olahraga olahraga
Kautsar Halim • 11 November 2020 12:30
Jakarta: Desiana Syahfitri memang baru pertama kali tampil pada Kejuaraan Dunia Sambo yang berlangsung lima hari (4-9 November) di Novi Sad, Serbia. Namun, gadis kelahiran Karawang 18 Desember 2001 itu mampu menunjukkan kualitasnya dan mengundang decak kagum negara lain.
 
Turun di kelas 48kg putri, Desiana yang punya dasar bela diri judo tampil tanpa rasa takut menghadapi Marta Chaplinska dari Ukraina yang lebih berpengalaman.
Alhasil, Desiana mampu menaklukkan Marta dengan skor telak 10-4 pada pertandingan semifinal.
 
Sayangnya, Maung Betina dari Karawang ini kalah di fase final dari Musharraf Ibodullaeva asal Uzbekistan dengan skor 0-2. Dengan begitu, Desiana harus terima hanya membawa pulang medali perak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desiana Syahfitri(kanan). (Foto: Istimewa)
Atlet Karawang Harumkan Nama Indonesia Lewat Kejuaraan Dunia Sambo
 
Meski belum mampu menjadi yang terbaik, pelatih sambo Indonesia Arnold Silalahi tidak kecewa dengan pencapaian Desiana. Pasalnya, performanya ketika menaklukkan Marta di semifinal sungguh di luar dugaan.
 
"Terus terang, penampilan Desiana Syahfitri itu mengundang simpati dari ofsial negara lain. Mereka tidak menduga Indonesia punya atlet sambo putri yang punya kualitas dan mampu mengalahkan atlet Sambo asal Ukraina yang merupakan negara pecahan Rusia yang menjadi asal beladiri Sambo," kata Arnold di Jakarta, Rabu (11/11/2020).
 
Sejatinya, Desiana yang akrab dipanggil Desi juga tidak puas dengan hasil perak yang diraihnya. Oleh karena itu, dia pun bertekad untuk berlatih lebih keras lagi untuk prestasi yang lebih tinggi.
 
"Target saya ingin memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Sambo Indonesia harus berjaya di kancah internasional," kata Desi yang masih berkuliah di USBI Karawang tersebut.
 
Ini bukan prestasi pertama Desi. Sebelumnya, dia juga pernah menyabet emas Asian Sambo Championships India 2019 dan SEA Games Philipina 2019, serta perunggu World Martial Arts Masterships Chungju 2019.
 
Atlet Karawang Harumkan Nama Indonesia Lewat Kejuaraan Dunia Sambo
 
Sementara itu, Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi) turut menyambut baik prestasi Desiana dengan beranggapan bahwa olahraga yang ditekuni atlet MMA Khabib Normagomedov itu bisa berkembang dengan baik dan menjadi andalan Indonesia di ajang internasional.
 
Terlebih, PP Persambi sedang dihadapkan dengan ajang Asian Indor Martial Arts Games (AIMAG) di Bangkok, Thailand (Mei 2021) dan bakal mempersiapkan Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Sambo Asia di Bali (Agustus 2021).
 
"PP Persambi ingin memberikan yang terbaik pada saat memperkuat Kontingen Indonesia di AIMAG maupun Kejuaraan Sambo Asia di Bali. Makanya, kami sangat berharap Kemenpora memberikan dukungan untuk mewujudkan keinginan di dua event penting tersebut," kata Sekjen PP Persambi, Sukma Every Lisa.
 

 

 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif