Tibo Monabesa usai dinobatkan sebagai pemenang melawan petinju Australia, Omari Kimweri dalam perebutan sabuk juara kelas terbang versi IBO (Foto: ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)
Tibo Monabesa usai dinobatkan sebagai pemenang melawan petinju Australia, Omari Kimweri dalam perebutan sabuk juara kelas terbang versi IBO (Foto: ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Profil Tibo Monabesa Petinju NTT yang Jadi Juara Dunia Versi IBO

Olahraga tinju dunia
Achmad Firdaus • 08 Juli 2019 12:46
Tibo Monabesa menang angka mutlak atas petinju Australia, Omari Kimweri dalam pertarungan sabuk juara kelas terbang versi IBO di Kupang. Ketiga juri memberikan angka114-113, 116-111 dan 118-110 untuk keunggulan Tibo.
 
Kupang: Indonesia kembali dibuat bangga oleh atlet-atletnya. Kali ini datang dari dunia tinju di mana Tibo Monabesa sukses merebut gelar juara dunia kelas terbang versi International Boxing Organization (IBO).
 
Tibo memastikan gelar tersebut usai mengalahkan petinju Australia, Omari Kimweri dalam pertarungan di Flobamora Sports Hall, Kupang, Minggu 7 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam duel bertajuk "The Borde Battle" yang berlangsung sengit selama 12 ronde tersebut, Tibo berhasil menang angka mutlak. Tiga juri yang bertugas; yakni Jerrold Tomeldan, Kriangsak Thonghong dan Cherdchai Srirat memberikan angka 114-113, 116-111 dan 118-110 untuk keunggulan Tibo.

Baca:Klasemen Pembalap Usai MotoGP Jerman


"Terima kasih kepada Tuhan Yesus, karena doa dan harapan saya sejak kecil akhirnya terkabul semalam," ujar Tibo seperti dilansir dari Antara, Senin (8/7/2019).
 
"Sabuk gelar juara dunia ini ingin saya persembahkan kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat NTT yang semalam menyaksikan langsung dan memberikan dukungan serta doa saat saya bertarung," lanjutnya.
 
Perjuangan Tibo mendapat apresiasi langsung dari Menpora Imam Nahrawi yang menyaksikan secara langsung dari pinggir ring. Selain Menpora, hadir juga Gubernur NTT, Viktor Laiskodat.
 
"Alhamdulilaaahhh.. Lahir juara dunia Tinju dari Kupang. Selamat Tibo, terima kasih sudah membuat bangga Indonesia dengan prestasi ini. Semoga terus konsisten berlatih dan meraih juara di laga berikutnya," demikian komentar Menpora di akun instagramnya.
 
Profil Tibo Monabesa Petinju NTT yang Jadi Juara Dunia Versi IBO
(Menpora memberikan ucapan selamat kepada Tibo Monabesa yang baru saja merebut sabuk juara kelas terbang versi IBO usai mengalahkan petinju Australia, Omari Kimweri. Foto: ANTARA/Kornelis Kaha).
 
Perjuangan Tibo untuk meraih sabuk juara IBO kelas terbang yang sedang lowong ini memang tidak mudah. Selain harus menjaga staminanya selama 12 ronde, ia juga harus mengalami pendarahan di pelipisnya lantaran benturan kepala dari Kimweri.
 
"Di benak saya hanya ingin menjadi juara dunia. Jadi saya tidak memikirkan lagi luka yang ada di pelipis saya," tandasnya.
 
Dengan kemenangan ini, Tibo berhasil mempertajam rekor bertandingnya menjadi 19 kali menang, 1 kalah dan dua imbang (8 KO).
 
Profil Tibo Monabesa
Menilik data dari Boxrec.com, Tibo merupakan petinju kelahiran Kefamenanu, sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Utara, Kota Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Ia terlahir dengan nama Tiburtius Monabesa pada 10 Juni 1990.
 
Tibo memulai karier profesionalnya di dunia tinju pada tahun 2012 atau saat usianya masih 22 tahun. Sejak kesuksesannya mengalahkan Benigno Nino di laga debutnya, Tibo terus menunjukkan kualitasnya sebagai petinju berbakat.

Baca juga:Cedera Lengan tidak Menyurutkan Semangat Balapan Quartararo


Ia menjalani enam tahun kariernya tanpa terkalahkan. Dari 20 pertarungan yang dijalaninya, ia hanya dua kali menelan hasil imbang. Selebihnya, 18 duel di akhirinya dengan kemenangan.
 
Kekalahan pertama dan satu-satunya yang dialami petinju berjuluk Il Duce ini terjadi pada 25 September 2018. Kala itu, Tibo dipaksa menyerah TKO (kalah angka) oleh petinju Jepang, Hiroto Kyoguchi dalam duel di Korakuen Hall, Tokyo, Jepang.
 
Selain gelar dunia IBO yang diraihnya kali ini, Tibo sebelumnya sukses mengoleksi berbagai gelar bergengsi di kelas terbang, di antaranya Indonesia Boxing Assosiation (ATI/IBA) dan World Boxing Council (WBC) International.
 
Berikut torehan gelar juara yang diraih Tibo Monabesa seperti dilansir dari Boxrec.com:
 
7/7/2019:International Boxing Organization (IBO) World Light Flyweight Title - menang angka atas Omari Kimweri (Australia)
 
31/3/2018: World Boxing Council International Silver Light Flyweight Title - menang angka atas Lester Abutan (Filipina)
 
20/7/2017: World Boxing Council International Silver Light Flyweight Title - imbang atas Arnold Garde (Filipina) - pertahankan gelar
 
21/1/2017: World Boxing Council International Silver Light Flyweight Title (Vacant) - menang angka Rene Patilano (Filipina)
 
25/1/2015: Indonesia Boxing Association (ATI/IBA) Light Flyweight Title - menang atas Samuel Tehuayo (Indonesia)
 
30/11/2014: Indonesia Professional Boxing Commission (KTPI/IBPC) Light Flyweight Title - menang atas Jack Amisa (Indonesia)
 
8/9/2013: Indonesia Professional Boxing Commission (KTPI/IBPC) Minimumweight Title - menang atas Ellias Nggenggo (Indonesia)
 
25/5/2013: Indonesia Boxing Association (ATI/IBA) Light Flyweight Title (interim) - menang atas Domi Nenokeba (Indonesia)
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Kalahkan Belanda, Amerika Serikat Raih Juara Piala Dunia Wanita 2019

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif