Pelatih timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi. (Foto: Ahmad Mustaqim/medcom.id)
Pelatih timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi. (Foto: Ahmad Mustaqim/medcom.id)

Komentar Kensuke Soal Timpang Ranking Futsal dan Sepak Bola Indonesia

Olahraga futsal
Ahmad Mustaqim • 05 Januari 2020 21:41
Yogyakarta: Tim Nasional (timnas) futsal Indonesia lebih mentereng berdasar ranking FIFA. Mereka berada di posisi 47 dunia atau lebih baik ketimbang Inggris (54), Malaysia (62), Jerman (63) dan Denmark (64).
 
Situasi itu jauh berbeda dengan ranking timnas sepak bola Indonesia yang berada di peringkat 173 dari total 210 negara. Posisi timnas bahkan lebih buruk dibanding Vanuatu (163), Singapura (157) dan Malaysia (154).
 
Di bawah asuhan Kensuke Takahashi, timnas futsal Indonesia menjelma menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kancah Asia. Prestasinya ditandai dengan menembus posisi empat besar Kejuaraan Futsal Asia atau AFC Futsal Championship pada Juni 2019 lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Capaian timnas futsal ini menjadi yang terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di ajang tersebut. Bahkan, prestasi timnas futsal sudah lebih baik ketimbang negara-negara di ASEAN.
 
Menanggapi itu, Kensuke merasa Indonesia tetap memiliki banyak potensi untuk bicara banyak di mata dunia. Bukan hanya futsal, namun juga sepak bola.
 
“Kita punya talenta yang besar di sini (Indonesia). Itu saja. Bukan hanya kekuatan saya (tim pelatih),” kata Kensuke di Gedung Olahraga (GOR) Amongrogo Yogyakarta, Minggu (5/1/2020).
 
Dalam hal olahraga, Kensuke mengatakan setiap pemain harus memiliki pemahaman prinsip dasar yang baik dalam permainan. Meski begitu, ia tak menampik kemampuan fisik dan strategi juga menjadi prasyarat penting untuk meraih prestasi.
 
Kensuke bertekad membuat timnas futsal lebih berkembang dibanding sepak bola. Dia mengklaim siap bekerja keras demi memajukan futsal, khususnya timnas futsal Indonesia.
 
“Kita harus lebih bisa berkembang lagi. Saya yakin sedikit demi sedikit futsal kita (Indonesia) lebih maju dibanding sepak bola,” tutup pelatih berpaspor Jepang ini.
 

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif