Gubernur Sumsel Bentuk Satgas Perbaikan Jakabaring Sport City

Deddy Pranata 28 Oktober 2018 21:45 WIB
olahraga jakabaring
Gubernur Sumsel Bentuk Satgas Perbaikan Jakabaring Sport City
Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau kerusakan Jakabaring Sport City akibat angin kencang (Foto: medcom.id/Deddy Pranata)
Palembang: Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meninjau venue di Jakabaring Sport City (JSC) yang rusak akibat diterjang angin kencang, Sabtu, 27 Oktober lalu. Gubernur langsung memberi instruksi untuk segera membentuk satgas perbaikan JSC pasca bencana.

"Tadi sudah kita pantau ada 14 venue yang rusak. Tapi kita bersyukur bencana ini tidak memakan korban jiwa. Langsung saya perintahkan Sekda dan Dinas PU serta Direktur JSC untuk menginventarisir kerusakan," ujar Herman Deru, Minggu (28/10/2018).

Mengenai total kerugian, mantan Bupati OKU Timur ini menjelaskan, pihaknya telah mencoba menghitung berapa kerugian akibat bencana angin kencang tersebut. Untuk taksiran awal, mengalami kerugian sekitar Rp20 miliar.


Baca: Marquez Gagal Finis, Phillip Island Milik Vinales

"Ini macam-macam ada yang masih dalam tanggungan asuransi, ada juga yang baru besok diserahkan ke pemprov dari salah satu kementerian. Itu tentu tidak menjadi beban APBD. Cuma memang yang bangunan lama sudah menjadi tanggung jawab kita," imbuhnya.

Lebih lanjut Herman Deru menjelaskan, sedapat mungkin dirinya akan mengupayakan perbaikan tidak terlalu menyedot dana APBD. Untuk itu, melalui inventarisasi diharapkan perbaikan dapat dilakukan dengan memanfaatkan CSR dari perusahaan-perusahaan di Sumsel. 

"Pokoknya kita hindari memakai APBD karena masih banyak kepentingan rakyat yang menanti. Saya target ini paling lambat sebelum pergantian tahun sudah harus selesai. Senin kita akan rapat lagi untuk percepatan perbaikan," tegasnya.

Baca: Electric Jakarta Marathon 2018, Ajang Promosi Keindahan Ibu Kota

Dari 14 venue yang rusak tersebut, venue aquatic merupakan venue yang mengalami kerusakan cukup parah dan membutuhkan dana perbaikan yang lumayan besar. Apalagi venue ini dilengkapi membran khusus di bagian atasnya yang robek akibat angin.

"Membran itu saja harganya hampir Rp4 miliar. Tadi kita lihat robek-robek. Selain aquatic, venue lain yang membutuhkan perbaikan serius adalah venue atletik dengan dana perbaikan diperkirakan mencapai 6 miliar lebih, kemudian venue dayung, boling dan tenis," tutupnya.


Video: Atlet Atletik Tur di Masjidil Haram

 



(PAT)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id