AFF Futsal 2018

AFF Futsal 2018: Sempat Comeback, Indonesia Takluk dari Malaysia

A. Firdaus 06 November 2018 16:26 WIB
futsal
AFF Futsal 2018: Sempat <i>Comeback</i>, Indonesia Takluk dari Malaysia
Pemain timnas futsal Indonesia Bambang Bayu Saptaji (Foto: Antara/M RISYAL HIDAYAT)
Yogyakarta: Timnas Futsal Indonesia harus mengakui kekalahan atas Malaysia pada fase Grup A AFF Futsal 2018, Selasa 6 November. Bermain di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, skuat asuhan Kensuke Takahashi itu takluk 5-7.

Pertandingan sudah berjalan sengit sejak menit awal. Malaysia menggebrak dengan mampu unggul langsung tiga gol. Di mana ketiga gol tercipta melalui servis bola mati.

Gol Malaysia dibuka oleh Ridzwan pada menit kedua. Dua menit berselang, Nizam menambahkan keunggulan Malaysia menjadi 2-0. Tim tamu makin menggila dengan unggul 3-0, ketika pada menit keenam gol tercipta lagi-lagi melalui bola mati yang kali ini dicetak Abu Haniffah. 


Indonesia baru bangkit untuk mengejar ketertinggalan menjelang 12 menit babak pertama berakhir. Dimulai dari gol Andri Kustiawan pada menit ketujuh untuk memperkecil kedudukan menjadi 1-3.

Tuan rumah akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah dua gol datang dari kaki Subhan Faidasa dan Sauqi Saud Lubis.

Ribuan suporter yang memadati GOR UNY bahkan sempat bergemuruh tatkala Indonesia berhasil comeback dan berbalik unggul menjadi 4-3. Kali ini Ardiansyah Runtuboy melepaskan bola yang tak bisa dihalau kiper Malaysia.

Sayangnya, tim tamu mampu menutup babak pertama dengan skor 4-4, setelah sepakan bola dari luar kotak penalti dilakukan Awaludin.

Pada babak kedua, Indonesia berhasil memimpin setelah Al Fajri membuat keadaan menjadi 5-4 pada menit ke-22. Aksi Al Fajri tak mampu dihalau oleh deretan pemain Malaysia.

Keunggulan Indonesia tak mampu dijaga. Faktor kelelahan dan minimnya pasokan pemain karena cedera pada babak pertama mampu dimanfaatkan Malaysia. Terbukti, Malaysia berbalik memimpin setelah Ridwan Bakri pada menit ke-28 dan Awaludin Mat Nawi membuat tim tamu unggul 6-5.

Tertekan dan tertinggal, membuat Kensuke menerapkan powerplay dengan memasang Bambang Bayu Saptaji menjadi kiper. Akan tetapi, strategi itu menguntungkan Malaysia untuk menambah keunggulan menjadi 7-5.

Ridwan kembali mencetak gol pada menit ke-36. Gol tersebut sekaligus menutup kemenangan timnya atas Indonesia pada laga kedua ini. 

Meski kalah, Indonesia masih membuka peluang untuk lolos ke babak selanjutnya. Mereka akan berhadapan dengan Kamboja pada laga ketiga, Rabu 7 November. Sementara Malaysia berduel dengan Myanmar.

Eko Yuli Irawan Sukses Pecahkan Dua Rekor Dunia




(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id