Sepeda Nusantara 2018

Hidup Sehat Lewat Sepeda Nusantara Etape Manakarra

Kautsar Halim 21 Oktober 2018 16:52 WIB
balap sepedaberita kemenpora
Hidup Sehat Lewat Sepeda Nusantara Etape Manakarra
Suasana garis start Sepeda Nusantara Etape Manakarra. (Foto: Humas Kemnpora)
Mamuju: Gelombang tenang air laut di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat seakan ikut bergoyang saat ribuan peserta fun bike Sepeda Nusantara bersenam ria, Minggu 21 Oktober. Suasana makin meriah ketika peserta fun bike Sepeda Nusantara terus berdatangan untuk melakukan start di depan Monumen Gong Perdamaian. 

Event Sepeda Nusantara Etape Manakarra merupakan program andalan Kementerian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) yang mendapat arahan langsung langsung Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga. Perhelatannya dibuka oleh Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan Satya Putra Pababaari, dan Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan serta Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, Abdul Rafur.

Klik: Kadispora Cup 2018 Bantu Regenerasi Atlet Bola Basket Tanah Air


Raungan sirene mobil polisi mengawal hampir 1.500 peserta untuk menggowes sepeda sejauh 10 km di seputar Mamuju, Sulawesi Barat.
Setelah bendera start dikibarkan Irwan, anak-anak, remaja dan orang tua tampak ceria memenuhi jalanan. 

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Sepeda Nusantara dari Kemenpora dengan program andalannya Ayo Olahraga. Melalui kegiatan ini kami bisa bertemu dan bersilaturahmi. Sepeda Nusantara merupakan gerakan masyarakat untuk hidup sehat,” kata Irwan.

Klik: Prestasi Marc Marquez Dikagumi Mick Doohan

Dijelaskan Irwan lebih lanjut, sekitar 1.500 peserta yang berpartisipasi bukan saja berasal dari Mamuju. Tetapi, banyak juga yang datang dari luar daerah. Banyaknya peserta yang mendaftar juga disebabkan karena  tidak perlu keluar banyak uang untuk hidup sehat lewat bersepeda.

“Kami Harap kegiatan ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Dukungan dari pemerintah pusat, khususnya Kemenpora tetap kami nantikan,” ujar Irwan.

Sementara itu, Abdul Rafur mengatakan Kemenpora memang sedang meningkatkan perhatian publik Tanah Air terhadap olahraga. Itu dilakukan agar Indonesia punya lebih banyak atlet berprestasi dan budaya hidup sehat bisa semakin terealisasi.

“Kita baru saja sukses mengukir prestasi di Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Tren positif ini bukan saja harus dipertahankan, namun ditingkatkan juga. Mamuju diharapkan bisa melahirkan atlet dengan prestasi nasional dan internasional,” tutup Abdul Rafur. (RO)





(KAU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id