Lalu Muhammad Zohri (Foto: Dok.medcom.id)
Lalu Muhammad Zohri (Foto: Dok.medcom.id)

Klarifikasi Soal Insiden Bendera, Zohri: Saya Bukan Cari Bendera, tapi Takut Diwawancara

Olahraga kejuaraan dunia atletik Lalu Zohri
Achmad Firdaus • 18 Juli 2018 21:23
Jakarta: Bendera Merah Putih yang menyelimuti Lalu Muhammad Zohri saat menjadi juara Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, menjadi perdebatan. Bendera itu ternyata bukan bendera Indonesia, tapi bendera Polandia yang di balik.
 
Berbagai spekulasi pun kemudian mengiringi kesuksesan Zohri mencetak sejarah sebagai atlet Indonesia pertama yang sukses jadi juara dunia. Tudingan bahwa ofisial Indonesia yang mendampingi Zohri tidak mempersiapkan bendera Indonesia --karena prestasi yang ditorehkan Zohri di luar dugaan-- pun menyeruak.
 
Hal itu jugalah yang diduga membuat wajah Zohri tampak kebingungan saat tahu dirinya jadi pemenang. Dalam video yang sempat jadi viral di media sosial, Zohri terlihat sempat berlari ke arah tribun penonton, sebelum akhirnya kembali ke lintasan dan berfoto bersama dua sprinter Amerika Serikat yang sudah dikalungi bendera Amerika Serikat.

Baca:Lalu Zohri Beberkan Kunci Keberhasilannya di Kejuaraan Dunia


Zohri berfoto tanpa menggunakan atribut bendera Merah Putih, sebelum akhirnya mendapatkan pinjaman bendera dari kontingen Polandia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyikapi polemik tersebut, Zohri akhirnya memberikan klarifikasinya. Ia mengaku sama sekali tidak tahu bahwa bendera yang digunakannya adalah bendera Polandia.
 
"Ketika saya melihat nama saya di papan pengumuman (bahwa saya menang), saya langsung berlari ke atas (arah tribun). Niat saya bukan untuk mencari bendera (merah putih)," ujar Zohri dalam wawancara di program PrimeTalk Metro TV, Rabu 18 Juli 2018.
 
"Karena saya tidak bisa bahasa Inggris. Saya takut diwawancarai. Saat saya berlari ke arah tribun (mencari orang untuk membantu saat wawancara), eh saya ditarik-tarik wartawan untuk foto dengan atlet Amerika," jelas Zohri.
 
Sekretaris Jenderal Pengurus Bessar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Sekjen PASI), Tigor Tanjung juga melontarkan klarifikasinya terkait insiden tersebut. Menurutnya, ofisial tim sudah menyiapkan bendera merah putih untuk Zohri.

Baca juga:Di Balik Insiden Bendera Merah Putih saat Lalu Zohri Juara


"Ofisial kami sudah membawa bendera. Tapi, ia duduk di tribun atas, area yang sesuai dengan id card dari panitia. Saat Zohri menang, ia langsung berlari untuk memberikan bendera. Tapi, karena posisinya jauh dan ia harus memutari stadion untuk bisa sampai ke area lintasan, maka, ketika sampai di dalam Zohri sudah menggunakan bendera," jelas Tigor.
 
Lebih jauh, Zohri dan Tigor kompak meminta agar masyarakat tidak lagi memperdebatkan permasalahan tersebut. Mereka berharap masyarakat bersatu untuk mendukung Zohri dan atle-atlet lain Indonesia untuk menorehkan prestasi di Asian Games 2018 di mana Indonesia khususnya Jakarta-Palembang akan jadi tuan rumah pesta olahraga empat tahunan tersebut.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:Soal Polemik Bendera, Ini Penjelasan Zohri

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif