Lalu Muhammad Zohri

Lalu Zohri Beberkan Kunci Keberhasilannya di Kejuaraan Dunia

Patrick Pinaria 18 Juli 2018 08:07 WIB
kejuaraan dunia atletik
Lalu Zohri Beberkan Kunci Keberhasilannya di Kejuaraan Dunia
Lalu Muhammad Zohri merayakan kesukesannya di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 (Foto: AFP/KALLE PARKKINEN)
Tangerang: Lalu Muhammad Zohri sukses mengharumkan nama Indonesia di Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Itu bisa terjadi karena pelari kelahiran Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut meraih medali emas pada kategori nomor lari 100 meter, Rabu 11 Juli.

Lalu mengaku tidak menyangka bisa menjadi juara pada kejuaraan tersebut. Pasalnya, ia hanya mencatatkan waktu terbaik keempat pada babak semifinal.

Hal itu disampaikan Lalu saat tiba di Tanah Air. Tepatnya di acara penyambutannya yang digelar di Bandara Soekarno Hatta, Selasa 17 Juli malam hari. Pada kesempatan itu, ia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah, masyarakat Indonesia, dan juga Ketua Umum PB PASI Bob Hasan.


"Terima kasih banyak atas dukungan pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia berkat doa kalian semua saya bisa jadi seperti ini. Dan saya berterima kasih kepada bapak Bob Hasan selaku Ketua PB PASI yang selalu memperhatikan saya," ujar Lalu.

"Sebenarnya saya tidak menyangka bisa menjadi juara dunia. Soalnya pas di babak final saya waktunya terbaik keempat," lanjutnya.

Klik di sini: Movistar Tak Lagi Sponsori Yamaha Musim Depan

"Tapi karena saya percaya diri dan saya percaya Tuhan bisa membantu saya. Saya serahkan pada Tuhan dan fokus terhadap finis. Itu saja," tutur Lalu.

Lalu finis di urutan pertama dengan mencatatkan waktu 10,18 detik pada balapan yang digelar di Stadion Ratina, Tampere, Finlandia tersebut. Ia sukses mengungguli duo sprinter Amerika Serikat Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Keduanya harus puas finis di urutan kedua dan ketiga.

Pencapaian Lalu di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 menjadi catatan membanggakan bagi Indonesia. Sebab, untuk pertama kali, atlet lari Tanah Air bisa memenangkan kejuaraan dunia di nomor lari 100 meter sejak 32 tahun terakhir. Sebelumnya, prestasi terbaik Indonesia adalah finis kedelapan pada Kejuaraan Atletik Dunia 1986.

Berkat prestasinya itu, Lalu mendapat banyak penghargaan. Di antaranya mendapat bonus dari Kemenpora, renovasi rumah, dan tabungan.

Selanjutnya, Lalu akan melakukan sejumlah persiapan kembali karena harus berjuang di Asian Games 2018. Cabang olahraga Atletik di Asian Games akan berlangsung pada 25 Agustus hingga 30 Agustus.

Lalu Muhammad Zohri Tiba di Tanah Air




(FIR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id