Geisler AP (dua dari kiri) petinju asal Papua yang siap berjuang mengharumkan nama Indonesia di pentas tinju internasional (Foto: medcom.id/Muhammad Al Hasan)
Geisler AP (dua dari kiri) petinju asal Papua yang siap berjuang mengharumkan nama Indonesia di pentas tinju internasional (Foto: medcom.id/Muhammad Al Hasan)

Petinju Papua Geisler AP Siap Go Internasional

Olahraga tinju
Muhammad Al Hasan • 15 Maret 2019 23:42
Sebelum bertarung di Las Vegas, Geisler akan lebih dulu bertarung melawan petinju Thailand dalam perebutan sabuk WBC Asia Pasifik di kelas welter ringan 63,5 kg.
 
Jakarta: Petinju asal Papua Geisler AP direncanakan tampil dalam perebutan gelar WBC Asia Pasifik kelas welter ringan 63,5kg. Dia rencananya akan bertarung melawan petinju Thailand, Thoedsak Sinam di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu 30 Maret mendatang.
 
Selain itu, Geisler juga akan melakoni pertarungan tinju pro di Las Vegas, Amerika Serikat. Namun, untuk bisa mewujudkan impiannya go internasional, Geisler butuh dukungan dari semua kalangan. Termasuk saat berduel melawan petinju Thailand di Balai Kartini nanti.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut manajernya Yamander Yasenem, Geisler merupakan salah satu petinju potensial meski usianya tidak lagi muda, 35 tahun. Ia satu-satunya petinju Indonesia yang bertanding di kelas 63,5kg dan punya prestasi yang cukup mentereng.

Baca:Hasil Undian Perempat Final Liga Champions: Barca Jumpa MU


"Seandainya dia tidak bisa bertanding, ini akan menjadi anomali, suatu degradasi yang luar biasa. Kalau di bola ada Liga 1, Liga 2, ini dia (Geisler) di Liga 2, dia bisa turun ke Liga 3. Degradasi begitu," ujar dia di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jum'at 15 Maret 2019.
 
"Suka tidak suka, kita harus bertanding. Harga diri orang Papua dan bangsa ini ada di dia. Apalagi di kelasnya dia tidak ada lawannya," lanjutnya.
 
Kendati demikian, tampaknya Presiden Joko Widodo peka terhadap perkara yang dihadapi Geisler. Pemerintah mengundang Geisler untuk bertemu di gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis, 14 Maret 2019 kemarin. Melalui Menpora Imam Nahrawi, pemerintah menyatakan siap mendukung Geisler untuk menorehkan prestasi di level Asia.
 
"Kita sangat bersyukur Pak Jokowi melalui Pak Menpora bisa menerima kami dan hadir dalam ruangan. Pada prinsipnya, Pak Imam Nahrawi mendukung penuh langkah Geisler AP, ia sangat merespons," Pungkas Yamander.
 
Yamander mengatakan bahwa pemerintah nantinya akan membantu Geisler dari segi pembinaan sebagai atlet. Hal ini dikarenakan Geisler membawa nama Indonesia. Sementara tanggung jawab penyelenggaraan pertandingan dipegang promotor.

Baca juga:Hasil Undian Perempat Final Liga Europa


"Dana lebih kepada pembinaan. Jadi dana itu bersifat pembinaan untuk bagaimana Geisler untuk tetap bertanding di WBC karena dia membawa nama negara," kata dia.
 
Selain mendapat bantuan langsung dari pusat, usai pertemuannya dengan Menpora, Yamander mengaku juga langsung mendapat perhatian dari pemerintah daerah.
 
"Untuk Pemda sendiri komunikasi terakhir, Puji Tuhan pulang dari sini akan ketemu Gubernur Papua dan Papua Barat untuk bagaimana ke depan setelah tanggal 30 Maret kita bisa gelar gelar event tinju WBC Asia Pasifik maupun Interkontinental," ungkap dia.
 
Selain peran pemerintah, Yamander berharap Geisler juga mendapat dukungan dari pihak swasta sebagai sponsor dan media sebagai partnership.
 
Geisler sendiri bukan atlet tinju biasa. Hidupnya sepenuhnya didedikasikan untuk tinju. Selama kariernya, ia sudah tujuh kali menjadi juara nasional Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI).
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Taktik Indra Sjafri Terbangkan Garuda Muda

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif