Tim renang estafet 400 meter gaya ganti beregu campuran dari Indonesia meraih medali emas. (Foto: medcom.id/Mustholih)
Tim renang estafet 400 meter gaya ganti beregu campuran dari Indonesia meraih medali emas. (Foto: medcom.id/Mustholih)

Tim Renang Indonesia Koleksi Empat Medali Emas di Hari Kedua ASG 2019

Olahraga renang asean school games
Mustholih • 20 Juli 2019 23:45

Tim renang Indonesia menyabet empat medali emas pada hari kedua ASEAN School Games 2019.

Semarang: Tim renang Indonesia meraih empat medali emas pada hari kedua ASEAN Schools Games 2019 di Semarang, Jawa Tengah. Masing-masing emas diraih oleh Andi Muhammad Nurrizka ( renang 100 meter putra gaya dada), Adelia (renang 100 meter putri gaya dada), Farrel Armando, Adinda Kusuma, Pande Made, dan Fuzziyah (renang estafet 400 meter gaya ganti beregu campuran), serta Rasief Amelia Yaqin (renang 800 meter gaya bebas putra).
 
Koleksi emas yang dikumpulkan hari ini diklaim sudah sesuai target. "Target hari ini empat emas," kata Erwanto, salah satu pelatih renang Indonesia di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu 20 Juli 2019.
 
Erwanto menyatakan, semula di cabang olahraga renang, Indonesia pasang target 18 medali emas. Namun, hingga hari kedua ASG, keseluruhan medali emas yang dikoleksi Indonesia baru tujuh keping. "Total target 18 emas. Tapi realita, prestasi Malaysia, Thailand, dan Singapura agak signifikan," ujar Erwanto menegaskan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan koleksi tujuh medali emas, Indonesia menduduki peringkat dua pada cabang olahraga renang. Thailand yang sama-sama mengoleksi tujuh medali emas seperti Indonesia berada di peringkat pertama karena unggul koleksi medali perak. Thailand mengoleksi tujuh medali perak, sedangkan Indonesia baru enam medali.

Baca: Indonesia Open 2019: Ahsan/Hendra Melaju ke Final

Di bawah Indonesia, menguntit Malaysia yang mengoleksi enam medali emas. Erwanto berharap, tim renang Indonesia bisa kembali menorehkan prestasi terbaik pada hari ketiga ASG. "Mudah-mudahan masih bisa memberikan yang terbaik," harap Erwanto.
 
Andi Muhammad Nurrizka, peraih medali emas 100 meter putra gaya dada mengatakan, dari awal memang membidik emas. "Tapi tidak sesuai target. Targetnya pecah rekor tapi enggak kesampaian. Tapi, alhamdulillah terimakasih semua yang telah mendukung saya bisa mendapatkan medali emas," ujar Andi.
 
Siswa SMA 15 Surabaya, Jawa Timur ini, mengatakan sebelum bertanding di ASG sudah menghabiskan waktu dua bulan intens untuk berlatih renang. "Saya berlatih dua bulan sebelum perlombaan," tegasnya.
 
Video: Kalahkan Senegal, Aljazair Juara Piala Afrika 2019
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif