Wewey Wita (kanan). (Foto: Medcom.id / Kautsar Halim Zamroni)
Wewey Wita (kanan). (Foto: Medcom.id / Kautsar Halim Zamroni)

Asian Games 2018: Indonesia Mengalahkan Batas

Olahraga asian games asian games 2018 IndonesiaKalahkanBatas
Gregah Nurikhsani Estuning • 29 Agustus 2018 23:57
Jakarta: Gegap gempita Indonesia, khususnya Kota Jakarta dan Palembang menyambut Asian Games 2018 berbanding lurus dengan prestasi yang ditorehkan atlet-atlet Tanah Air hingga detik ini.
 
Satu demi satu medali emas berhasil dikumpulkan. Jumlah emas yang didapat Indonesia hingga 29 Agustus telah mencapai 30 buah. Torehan yang diluar ekspektasi banyak pihak.
 
Pemerintah sebelumnya menargetkan 16 emas. Namun, Indonesia mampu mengalahkan batas, melawan keraguan, dan tentunya memberi kebanggaan buat rakyatnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu hal yang mencuat adalah 14 emas yang didapat pencak silat. Olahraga ini sebetulnya bukan unggulan. Akan tetapi, Wewey Wita dan kawan-kawan mampu membuktikan bahwa tak unggulan bukan berarti tak berguna.
 
Rakyat Indonesia patut berbangga. Jangankan level Asia, untuk setingkat Asia Tenggara saja prestasi Indonesia acap kali mengalami pasang surut, kembang kempis, terang redup, apapun itu istilahnya. SEA Games 2017 misalnya, kita hanya mampu bercokol di posisi lima klasemen medali (medals tally) di bawah Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Singapura.
 
Di Asian Games 2018, Indonesia mampu mengalahkan batas untuk bersaing di level Asia. Lupakan 10 besar, atau tujuh besar. Sumbangan 14 keping emas yang diraih Indonesia pada 29 Agustus kemarin menerbangkan Sang Garuda ke posisi empat sementara, meninggalkan Iran yang sejak awal menempel ketat Merah Putih.
 
Sepanjang sejarah Asian Games, sejak 1951 hingga detik ini, Indonesia telah mengumpulkan 411 medali. Rinciannya, 91 emas, 121 perak, dan 199 perunggu. Asian Games 2018 menjadi edisi terbaik buat Indonesia.
 
Adapun emas terbanyak sepanjang masa masih dipegang Tiongkok (1355 emas - per 29 Agustus 2019). Jepang menguntit dengan torehan 957 emas. Indonesia sendiri berada di posisi delapan.
 
Di kawasan Asia Tenggara, hanya Thailand (posisi 7) yang mampu duduk di atas Indonesia. Filipina berada di posisi 11, diikuti Malaysia di posisi 13 dan Singapura di tangga 16.
 
Semua ini bisa terwujud tentu atas kerja keras para atlet yang telah mengalahkan batas. Kita sebagai rakyat sudah selayaknya memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada mereka, para pahlawan sejati.
 
Kemilau emas ini menunjukkan Indonesia punya semangat yang mampu mengalahkan batas. Selaras dengan apa yang ada pada semangat Combiphar selaku pemasok resmi (Official Supplier) Asian Games 2018. Serta bangga mendukung atlet Indonesia untuk mengalahkan batas di Asian Games 2018.
 
Berikan dukungan untuk atlet Indonesia melalui games #IndonesiaKalahkanBatas, persembahan OBH Combi dan dukung Indonesia menjadi posisi #1. Menangkan juga tiket nonton Asian Games 2018 atau Voucher belanja setiap harinya dari OBH Combi! Klik di sini.
 
Video: Nyimas Bunga Persembahkan Medali untuk Kado Ultah Ibu

 

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif