Panitia dan peserta Piala Raja-Jogja Istimewa (Medcom.id/Mustaqim)
Panitia dan peserta Piala Raja-Jogja Istimewa (Medcom.id/Mustaqim)

Timnas Basket Ikuti Piala Raja Sebelum ke SEA Games

Olahraga basket indonesia
Ahmad Mustaqim • 13 September 2019 23:45
Yogyakarta: Tim Nasional (Timnas) Basket yang diproyeksi untuk SEA Games akan mengikuti turnamen bertajuk Piala Raja-Jogja Istimewa Cup 2019. Turnamen yang melibatkan sejumlah klub basket profesional ini digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta, pada 1-6 Oktober 2019.
 
Di turnamen itu, Timnas akan berhadapan dengan sejumlah tim, seperti Amarta Hangtuah, Pasifik Caesar, Satya Wacana, Pelita Jaya, serta tuan rumah Bima Perkasa Jogja. Ajang ini merupakan tahun kedua dengan menyertakan klub-klub peserta Indonesia Basket League (IBL).
 
President Klub Bima Perkasa, Edy Wibowo mengatakan ini menjadi kali kedua timnya ikut dalam turnamen tersebut. Dengan diikuti tim-tim profesional serta Timnas, ia ingin timnya mengambil pelajaran.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak tim profesional lain yang ingin ikut. Tahun ini ada Timnas (Basket). Kami fokus mengajak tim IBL," kata Edy dalam konferensi pers di Bank BPD DIY Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta, Jumat (13/9/2019).
 
Ia mengatakan, ajang Piala Raja tersebut bukan lagi sekadar event lokal. Setidaknya, klub CLS Knight pernah mengikuti dan menjadi juara pada tahun lalu. CLS tak diundang lantaran sedang berada di Eropa.
 
Selain itu, turnamen tersebut akan dipimpin wasit nasional. Menurut dia, hal ini untuk meningkatkan level dan kualitas di dalam pertandingan.
 
"Efek lain yang juga ingin dicapai sekaligus untuk mengenalkan Jogja Istimewa ke nasional, juga sport tourism. Biasanya pesertanya (penonton) luar daerah, dan targetnya 10 ribuan," kata dia.
 
Panitia Pura Kraton Yogyakarta, Raden Rio Suryo Satrianto, mengatakan penyelenggaraan turnamen itu menjadi salah satu wujud dukungan Kasultanan terhadap agenda sosial kemasyarakatan. Tak hanya olahraga, kata dia, tapi budaya hingga pariwisata.
 
"Kami punya misi mensyiarkan kearifan lokal, yakni pekan budaya. Bisa dilakukan dengan event seperti ini," ucapnya.
 
Panitia sekaligus perwakilan BPD DIY, Agus Trimurjanto, menambahkan turnamen itu sekaligus menjadi persiapan menyambut IBL 2020. Selain itu, juga sebagai bagian persiapan Timnas Basket menjelang SEA Games.
 
Babak penyisihan akan berlangsung pada 1-3 Oktober. Sementara, laga final akan digelar pada 6 Oktober mendatang.
 
"Ada juga laga perebutan peringkat ketiga dan keempat. Ini (turnamen) dikhususkan tim berlisensi yang berpeluang masuk IBL tahun depan," kata dia.
 
Video: KPAI dan PB Djarum Sepakat Audisi Bulu Tangkis Tak Dihentikan
 

 

(GRG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif