Ridwan Kamil. (Foto: medcom.id/Roni Kurniawan)
Ridwan Kamil. (Foto: medcom.id/Roni Kurniawan)

Ridwan Kamil Lepas Kontingen Jabar untuk PON 2020

Olahraga olahraga pon 2020
Roni Kurniawan • 14 Agustus 2019 14:35

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas kontingen Jawa Barat untuk PON Papua 2020. Dia menitipkan empat pesan kepada atlet hingga official.

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) memimpin Apel Besar sekaligus melepas Kontingen Jabar untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
"Insyaallah dengan tekad dan niat yang kuat, Jabar Juara, Jabar Kudu Menang," ujar Emil saat pelepasan Kontingen Jabar.
 
Sebanyak 1.446 atlet dipersiapkan Jabar untuk perhelatan olahraga nasional tersebut. Nantinya, para atlet terlebih dahulu akan mengikuti pemusatan latihan daerah (Pelatda). Kepada para atlet, pelatih, hingga pengurus cabang olahraga, Emil menitipkan empat pesan yakni pertama, atlet harus mempunyai fisik yang kuat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kedua, selain fisik, masyarakat Jawa Barat punya kecerdasan luara biasa. Maka memenangkan kompetisi bukan hanya dengan keringat tapi juga taktik, dan ilmu pengetahuan (sport science)," tambah Emil.
 
Ketiga, terkait emotional quotient alias EQ. Emil meminta para atlet dan official agar bersikap ramah dan santun saat berada di Papua. Hal itu guna menunjukkan citra serta jati diri Jabar terhadap masyarakat Papua.

Baca: Ganda Putra Masih Jadi Andalan di Kejuaraan Dunia 2019

"Jadi nanti kalau di Papua senyum, sapa, ramah, sehingga citra Jawa Barat yang ramah tidak hanya di kampungnya, tapi juga ketika menjadi tamu pun selalu ramah, saat bertanding juga. Jangan merasa sombong, takabur," bebernya.
 
Terakhir, Emil berpesan agar setiap atlet beribadah dengan tekun agar bisa meraih prestasi maksimal di ajang tersebut.
 
"Pesan keempat, spiritual quotient. Jangan lupa berdoa. Manusia berusaha dan berdoa, tapi tetap Tuhan yang menentukan," pungkasnya.
 
Perhetalan PON 2020 Papua, Kontingen Jabar mengikuti semua cabang olahraga dari 63 cabang olahraga yang dipertandingkan.
 
Video: Liverpool vs Chelsea di Piala Super Eropa
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif