Ada beberapa alasan logis untuk melihat performa terbaik mereka bertarung meraih kemenangan masih mencuat. Salah satunya adalah karena aturan yang lebih ketat tentang desain motor. Terutama dari sisi desain paket aerodinamika yang membawa keuntungan besar bagi tim-tim pabrikan.
Musim ini, keuntungan tersebut dikurangi dan membuat tim manufaktur tak lagi leluasa mengeksplorasi performa tambahan dari komponen sayap kecil atau yang biasa disebut winglet itu. Hal ini pula yang membuat beberapa tim privatir sangat optimis bisa tampil kuat di musim 2017.
Hal lain yang membuat optimisme mereka jadi lebih besar karena dukungan pabrikan meningkat dan lebih baik. Salah satu contohnya adalah pasokan motor dengan spesifikasi sama di tim pabrikan, sudah mulai dilakukan. Dalam hal ini tim Pramac Ducati bakal mendapatkan 1 unit motor berspesifikasi GP17 dan pembalap yang satunya akan menggunakan GP16.
Artinya akan ada kesetaraan perlakuan, dan ini bakal memberikan keuntungan dari sisi percepatan riset. Mengingat Ducati yang mengeksplorasi kekuatan sayap kecil, butuh data lebih banyak untuk membuat motor yang lebih potensial meraih kemenangan.
Selain Ducati, tim LCR Honda juga mendapat jaminan dari Honda Racing Corporation. Cal Crutchlow yang menjadi pembalap satu-satunya di tim tersebut, berharap support besar dari HRC ini membawanya ke level yang lebih baik lagi di 2017.
Baca juga:
Pernat: Karakter Vinales Tak Beda dengan Lorenzo
Galbusera Tak Yakin Lorenzo bisa Juara Dunia di MotoGP 2017
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News