Andrea Dovizioso masih kesulitan jinakkan motor Yamaha. (instagram @andreadovizioso)
Andrea Dovizioso masih kesulitan jinakkan motor Yamaha. (instagram @andreadovizioso)

Gagal Bersaing, Dovizioso Sebut Gaya Balapnya Tak Cocok dengan Yamaha

Adri Prima • 22 Mei 2022 15:14
Jakarta: Mantan pembalap Ducati yang kini membela tim WithU Yamaha RNF, Andrea Dovizioso semakin frustasi karena tak bisa bersaing dengan tunggangannya. 
 
Dari tujuh seri MotoGP 2022 yang sudah berjalan, tak sekalipun Dovi mampu tampil kompetitif. 
 
Usai MotoGP Prancis pekan lalu, Dovi terpuruk di peringkat ke-20 klasemen sementara MotoGP 2022 dengan koleksi 8 poin.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut merupakan peringkat terburuk Dovi di MotoGP, karena sebelumnya saat bersama Ducati, pembalap Italia tersebut selalu bersaing di papan atas klasemen.
 
Menanggapi performanya musim ini, Dovi mengaku tak bisa berbuat banyak. Faktor utama kenapa ia gagal karena gaya balapnya tidak cocok dengan motor Yamaha YZR-M1 2022. 
 
"Saya sangat kecewa tapi ini menegaskan bahwa karakter motor ini tidak sesuai dengan cara saya mengendarainya," kata Dovi dikutip dari Crash, Minggu, 22 Mei 2022.
 
Dovi menambahkan dirinya memang belum bisa beradaptasi dengan karakter Yamaha. Namun jelang MotoGP Italia di Mugello pekan depan, Dovi sedikit optimis karena GP Mugello merupakan balapan kandang baginya dan Dovi sangat mengenal lintasan tersebut.
 
"Saat ini saya tidak bisa mengubah itu sama sekali (gaya balap), saya sangat menyesal dan kecewa. Tapi kami pindah ke Mugello dan kita lihat apa yang bisa saya lakukan," lanjutnya. 
 
Ia menegaskan, di musim ini jelas hanya Fabio Quartararo yang mampu mengendarai Yamaha. Namun sulit baginya untuk meniru gaya balap Quartararo.
 
"Gaya berkendaranya (Quartararo) sedikit unik. Tapi saya menginginkan lebih banyak grip, karena menurut saya, 90 persen pembalap Yamaha butuh grip."
 
"Saya mengatakan itu karena dalam dua tahun terakhir saya mengendarai dua motor berbeda (Ducati dan Aprilia). Karena itu saya menuntut hal itu (grip)," tegas Dovi.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif