Valentino Rossi saat bersiap melakoni sesi tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia (Foto: Mohd RASFAN / AFP)
Valentino Rossi saat bersiap melakoni sesi tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia (Foto: Mohd RASFAN / AFP)

Bersaing dengan Dua Anak Didik, Rossi: Senang Sekaligus Khawatir

Olahraga valentino rossi MotoGP 2019 Yamaha MotoGP
Muhammad Al Hasan • 12 Februari 2019 22:46
Rossi senang Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli bisa tampil di MotoGP, karena itu membuktikan bahwa akademi VR46 sukses mengorbitkan pembalap berkualitas. Namun di sisi lain, ia khawatir kalah dari anak didiknya tersebut di MotoGP 2019.
 
Jakarta:
Perasaan Valentino Rossi campur aduk melihat performa Fransesco Bagnaia dan Franco Morbidelli pada sesi tes pramusim MotoGP 2019 di Sepang, akhir pekan lalu. Di satu sisi ia senang karena dua mantan anak didiknya itu mampu tampil kompetitif, tapi di sisi lain ia khawatir dikalahkan dua pembalap muda tersebut.
 
Bagnaia dan Morbidelli tampil cukup apik dalam tiga hari sesi tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, 6-8 Februari kemarin. Catatan waktu keduanya bahkan berhasil menggungguli The Doctors.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagnaia, pendatang baru MotoGP yang menyandang predikat juara Moto2 tahun lalu, berhasil menyita perhatian dengan kesuksesannya mencatatkan waktu tercepat kedua pada hari terakhir tes. Pembalap didikan akademi VR46 yang kini membela tim satelit Ducati (Pramac) ini bahkan sempat mencatatkan waktu terbaik dalam satu putaran, yakni 1 menit 58.302 detik.

Baca:Kawhi Leonard Pahlawan Kemenangan Raptors atas Nets


"Impresif. Selamat atas keberhasilannya (mencatat waktu tercepat dalam satu lap). Itu fantastis," ujar Rossi mengomentari catatan waktu Bagnaia.
 
"Dia selalu cepat di tes kali ini (Sepang). Mengingat ia belum punya banyak pengalaman (di MotoGP), saya rasa kami harus mewaspadainya," lanjut Rossi.
 

Francesco Bagnaia saat membela akademi VR46 di ajang Moto 2. (Foto: AFP/Jure Makovec)
 
Bagaimana dengan Morbidelli? Mantan anak didik Rossi yang satu ini akan menjalani musim keduanya di kelas Premier. Musim lalu, Morbidelli berhasil menyabet predikat pendatang baru terbaik (Rookie of the Year) bersama Marc VDS.
 
Di musim ini, Morbidelli akan membalap untuk tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT dan akan menunggangi YZR-M1 yang memiliki spesifikasi mendekati motor yang digunakan Rossi dan Maverick Vinales di tim pabrikan.
 
Morbidelli juga tampil apik pada hari terakhir tes di Sepang dengan mencatatkan waktu 1 menit 59,141 detik. Catatan waktu yang masih lebih baik dari Rossi (1 menit 59,155 detik).
 

Franco Morbidelli saat masih membalap untuk Marc VDS di MotoGP 2018 (Foto: AFP - OLI SCARFF)
 
"Saya rasa ini akan sulit, karena performa saya dengan Franco (Morbidelli) sangat mirip. Dia berkembang dengan pesat. Jadi, saya rasa akan sulit untuk berada di depannya," imbuh Rossi.
 
Terkait perkembangan pesat yang ditunjukkan dua anak didiknya tersebut, Rossi sempat tidak menyangka. Meski begitu ia bahagia karena dengan kehadiran Bagnaia dan Morbidelli di pentas MotoGP, itu menjadi bukti konkret kesuksesan akademi VR46 dalam menciptakan bibit-bibit pembalap berkualitas.
 
"Ketika kami memulai proyek akademi dengan Pecco (Bagnaia) dan Franco (Morbidelli), saya tidak terpikir tentang "masalah" ini. Kami tidak mengira bahwa pembalap kami (akademi VR46) akan bersaing dengan saya," lanjutnya.

Baca juga:4 Kandidat Juara MotoGP 2019 Versi Jorge Lorenzo


"Jadi, pada satu sisi saya khawatir, tapi di sisi lain saya sangat bahagia karena akademi kami berjalan dengan baik. Tapi situasinya sekarang seperti ini. Kami membantu (mengorbitkan) pembalap yang mungkin bisa mengalahkan saya, tapi kami tidak akan mundur," tegas Rossi menyatakan kesiapannya bersaing dengan dua anak didiknya itu.
 
Sebelum melakoni seri pembuka MotoGP 2019 di Sirkuit Losail, Qatar pada 10 Maret mendatang, Rossi dan pembalap lain masih memiliki satu kesempatan untuk meningkatkan performa motor. Mereka masih akan menjalani tes pramusim terakhir di Qatar pada 23-25 Februari 2019.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Gol Perdana Saddil Ramdani di Liga Malaysia

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi