Erik ten Hag (Foto: AFP/Nigel Roddis)
Erik ten Hag (Foto: AFP/Nigel Roddis)

Kalah di Laga Debut, Erik ten Hag Ulangi Rapor Buruk Van Gaal

Patrick Pinaria • 08 Agustus 2022 11:33
Jakarta: Debut Erik ten Hag bersama Manchester United di Liga Primer Inggris tak berjalan mulus. Pelatih asal Belanda tersebut harus menerima kekalahan Red Devils saat menjamu Brighton & Hove Albion dengan skor 1-2 pada laga perdana Liga Inggris musim 2022/2023, Minggu, 7 Agustus 2022.
 
United sejatinya tampil dengan skuat yang cukup meyakinkan. Sejumlah pemain andalan seperti Bruno Fernandes, Marcus Rashford, Jadon Sancho, Luke Shaw, dan David de Gea diturunkan pada laga ini.
 
Dua pemain anyar Lisandro Martinez dan Christian Eriksen bahkan dimainkan di laga ini. Namun, kehadiran pemain-pemain andalan tersebut justru belum mampu mengangkat performa Red Devils.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


United tampil buruk di babak pertama. Mereka pun harus kebobolan dua gol yang dicetak gelandang Brighton Pascal Gross. 
 
Di babak kedua, United mencoba untuk meningkatkan tempo permainan. Mereka pun hanya mampu membuat satu gol balasan yang lahir berkat blunder gelandang Brighton Alexis Mac Allister. Hingga laga usai, skor 1-2 bertahan sekaligus memastikan kekalahan untuk United. 
 
Baca: Kata Erik ten Hag setelah MU Dipermalukan Brighton

Kekalahan dari Brighton membuat United harus merosot ke posisi ke-13 klasemen sementara. Mereka gagal mengikuti jejak tim-tim besar lainnya yang berhasil menuai kemenangan di laga perdana seperti Tottenham Hotspur, Arsenal, Manchester City, dan Chelsea.
 
Bukan hanya itu, kekalahan ini juga mencoreng debut Erik ten Hag sebagai pelatih United. 
 
Menurut data dari Opta Joe, Ten Hag menjadi pelatih kedua United yang menelan kekalahan saat melakoni laga debut di Liga Inggris. Sebelumnya, rapor buruk tersebut ditorehkan pendahulu Ten Hag, Louis van Gaal pada 2014.
 
Debut Van Gaal bersama United terjadi pada Agustus 2014. Saat itu, Red Devils dijadwalkan menghadapi Swansea City di laga perdana Liga Inggris 2014/2015.
 
Hasilnya pun menyakitkan. United harus menelan kekalahan dengan skor 1-2. Dua gol Swansea dicetak Ki Sung-yeung dan Gylfi Sigurdsson. Sedangkan United hanya mampu mencetak satu gol balasan lewat Wayne Rooney.

Laga-laga berat menanti United

Kekalahan dari Brighton akan menambah berat tugas Ten Hag. Ia pun harus membangkitkan kepercayaan diri pemain dan memutar otak untuk meningkatkan performa Red Devils.
 
Semakin terasa berat karena United sudah ditunggu lawan-lawan tangguh dalam sebulan ke depan. Dimulai dari Liverpool, Leicester City, hingga Arsenal.
 
(PAT)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif