Ilustrasi investasi bodong. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi investasi bodong. (Foto: Medcom.id)

Mantan Bintang Premier League Dipenjara karena Investasi Bodong

Friko Simanjuntak • 13 Januari 2023 07:25
London: Seorang mantan bintang Premier League harus mendekam dipenjara setelah dinyatakan bersalah karena kasus investasi bodong. Dia adalah Richard Rufus yang sempat bermain untuk Charlton Athletic dan Timnas Inggris U-21.
 
Aksi penipuan yang dilakukan Richard Rufus berkedok investasi bodong. Kepada korbannya, ia mengaku sebagai pedagang valuta asing yang sukses. Ia kemudian meyakinkan para korban untuk berinvestasi dalam skema "berisiko rendah" miliknya.
 
Untuk lebih meyakinkan korbannya, Rufus kerap memamerkan sejumlah barang-barang berharga. Mulai dari mengendarai mobil Bentley dan menggunakan jam tangan Rolex. Namun aksi penipuan berkedok investasi bodong yang dilakukannya kini terbongkar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak pengadilan Southwark Crown, London, menyatakan Rufus bersalah atas tindak penipuan, pencucian uang, dan melakukan aktivitas yang diatur tanpa izin pada Kamis 12 Januari. Pria 47 tahun tersebut divonis penjara selama tujuh setengah tahun.
 
Richard Rufus terbukti telah menipu para korbannya yang merupakan teman dan keluarganya sendiri sebesar 15 juta poundsterling (Rp277 miliar). Dia telah menggunakan 7 juta poundsterling dari jumlah total uang hasil aksinya untuk membayar kembali investor dalam skema piramida, sedangkan sekitar 2 juta poundsterling digunakan untuk keperluan sendiri.
 
Sebelum tertangkap karena kasus penipuan, Rufus diketahui merupakan salah satu pesepak bola professional di Inggris. Berposisi sebagai bek tengah, Rufus sempat memainkan 6 caps bersama Timnas Inggris U-21.
 
Di level klub, Rufus pernah memperkuat salah satu klub tradisional Inggris, yakni Charlton Athletic pada periode 1993 hingga 2004. Selama 11 tahun bermain untuk klub jawara Piala FA 1946-1947 itu, Rufus memainkan 288 laga dan 12 gol.
 
Momen paling berkesan Rufus untuk Charlton datang pada akhir musim 1997-98. Charlton yang finis di posisi empat Divisi Pertama (Divisi Championship), menghadapi Sunderland di final play-off di Wembley untuk memperebutkan tiket promosi ke Premier League.
 
Dengan lima menit waktu normal tersisa, Charlton tertinggal 3-2 sebelum Rufus mencetak gol senior pertamanya memanfaatkan sepak pojok dan memaksa pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu. Setelah hasil imbang 4–4, The Addicks (julukan Charlton) memenangkan pertandingan 7–6 melalui adu penalti, sehingga mendapatkan promosi ke Premier League.
 
Penampilan kompetitif terakhir Rufus untuk Charlton terjadi saat melawan Liverpool pada 21 April 2003. Selama satu dekade di tim utama Charlton, Rufus dianggap sebagai salah satu pemain terpenting tim. 
 
Itu dibuktikan dengan tiga penghargaan pemain terbaik Charlton yang diraihnya. Pada 2005, dia dipilih oleh para penggemar sebagai bek terbaik Charlton sedangkan pada Mei 2013, Rufus dilantik ke Charlton Athletic Hall of Fame. 

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif