Hamka Hamzah. (foto: Instagram)
Hamka Hamzah. (foto: Instagram)

Usai Bawa RANS Cilegon FC ke Liga 1, Hamka Hamzah Ingin Pensiun

Kautsar Halim • 28 Desember 2021 08:30
Jakarta: Kapten RANS Cilegon FC Hamka Hamzah memberi sinyal bakal gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional setelah berhasil membawa timnya lolos ke Liga 1 Indonesia. Itu terjadi karena kondisi kebugarannya sudah tidak prima lagi.
 
Hamka menjelaskan lebih detail, keputusan pensiun pada tahun depan itu sudah mencapai 80 persen. Dia tidak ingin ambil risiko untuk tampil di Liga 1 karena memiliki riwayat cedera lutut dan terdapat anjuran larangan bermain dari dokter juga.
 
"Untuk ke depannya, saya 80 persen selesai. Jadi ada dokter Sapto juga yang bicara bahwa sebenarnya saya tidak bisa bermain karena jika ACL lutut saya robek lagi, masa saya harus operasi lima kali," kata Hamka seusai membantu RANS mengalahkan PSIM Yogyakarta pada semifinal Liga 2 Indonesia, Senin (27/12/2021).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski kemungkinan besar bakal pensiun pada tahun depan, Hamka mengatakan bahwa dirinya bakal tetap berkecimpung di dunia sepak bola untuk membagikan ilmu kepada para pemain muda. 
 
"Mungkin ke depannya, saya tetap di dunia sepak bola. Yang penting, saya bisa menyalurkan bakat dan pengalaman saya kepada adik-adik," tutur Hamka.
 
Hamka dikenal sebagai salah satu pemain senior yang sudah malang melintang di kompetisi tertinggi sepak bola nasional. Sebelum bergabung dengan RANS Cilegon FC, Hamka pernah menjadi bek tengah untuk PSM Makassar, Persebaya Surabaya, dan Persija Jakarta. 
 
Dia pernah ikut membantu Persebaya meraih gelar Divisi Utama pada 2003, menjuarai Indonesia Super League 2010--2011 bersama Persipura Jayapura dan memenangkan Piala Presiden 2019 dengan Arema FC. (ANT)

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif