Legenda sepak bola Pele wafat. AFP PHOTO/Mauro Pimentel
Legenda sepak bola Pele wafat. AFP PHOTO/Mauro Pimentel

Wafat di Usia 82 Tahun, Ini Daftar Rekor Fenomenal Legenda Sepak Bola Pele

Adri Prima • 30 Desember 2022 13:43
Jakarta: Legenda sepak bola asal Brasil, Pele, meninggal dunia di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Jumat, 30 Desember 2022 dini hari WIB. Pele meninggal di usia 82 tahun.
 
Pele meninggal dunia pada Kamis pukul 15.27 waktu setempat karena sejumlah kegagalan organ akibat perkembangan kanker usus besar dan beberapa kondisi medis sebelumnya. 
 
Kabar meninggalnya pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu juga dikonfirmasi melalui berbagai akun media sosial yang dikelola agennya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Inspirasi dan cinta kasih menandai perjalanan King Pele, yang meninggal dunia dalam damai hari ini," tulis akun Instragram resmi Pele, @pele.
 
"Dalam perjalanannya, Edson mempesona dunia lewat kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, mengusung kerja sosial di seluruh dunia, dan menyebarkan apa yang paling diyakininya sebagai obat segala masalah kita: cinta."
 
Selama berkarier sebagai pemain profesional, Pele memang tak sempat mencicipi kompetisi Liga Eropa. Namun di kancah Piala Dunia, pria dengan nama lengkap Edson Arantes do Nascimento memiliki rekor fenomenal yang sulit dipecahkan oleh pemain lain era sekarang. 
 
Berikut ini 5 rekor fenomenal Pele:

1. Memenangi tiga edisi Piala Dunia


Pele saat ini masih menjadi menjadi pemain dengan gelar Piala Dunia terbanyak dengan tiga koleksi gelar juara dunia.
 
Pele tampil di empat Piala Dunia: 1958, 1962, 1966 dan 1970. Ia berhasil memimpin Brasil menjadi juara di Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. 
 
Wafat di Usia 82 Tahun, Ini Daftar Rekor Fenomenal Legenda Sepak Bola Pele

2. Pencetak gol termuda di Piala Dunia


Pele menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia pada tahun 1958. Saat itu ia masih berusia 17 tahun. Gol perdana Pele tersebut dicetak ke gawang Wales pada babak perempat final. 

3. Pencetak hattrick termuda di Piala Dunia


Pele juga memegang rekor sebagai pemain termuda yang mencetak hattrick di Piala Dunia. 
 
Ia melakukannya saat laga semifinal Piala Dunia 1958 ketika Brasil mengalahkan Prancis dengan skor 5-2. Saat itu, Pele berusia 17 tahun dan 245 hari.

4. Assist terbanyak di Piala Dunia


Pele juga memegang rekor memberikan assist terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia. 
 
Pada Piala Dunia 1970, ia membukukan enam assist. Rekor ini belum terpatahkan karena tidak ada pemain lain yang memberikan enam assist dalam satu edisi Piala Dunia.

5. Pencetak gol terbanyak dalam semusim


Selain di Piala Dunia, Pele juga mencetak rekor fantastis di level klub. Dia mencetak 127 gol bagi Santos dalam satu musim pada 1959.
 
Rekor ini seperti mustahil untuk dipatahkan pemain lain di era saat ini. Bahkan Lionel Messi hanya mampu mencetak 91 gol di tahun 2012.
 
(PRI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif