Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Indonesia Punya Modal Kuat Juarai Piala AFF U-16, Ciri-cirinya Nyata

MetroTV • 11 Agustus 2022 11:22
Jakarta: Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil meraih kemenangan dalam laga semifinal Kejuaraan Remaja ASEAN Usia 16 Tahun (Piala AFF U-16) melawan Myanmar pada Rabu, 10 Agustus 2022. Kemenangan tersebut mengantarkan Indonesia melaju ke babak final melawan Vietnam. 
 
Pengamat sepak bola Anton Sanjoyo optimistis Indonesia akan menang dalam pertandingan final tersebut. Ia mengatakan Indonesia memiliki keunggulan di lini tengah dan depan.
 
"Saya senang sekali dengan tim ini. Sangat percaya diri, skillful di semua lini, bahkan lini tengah dan lini depan merupakan talenta terbaik,” ujar Anton dalam tayangan Metro Pagi Primetime di Metro TV, Kamis, 11 Agustus 2022.

Bermain lepas

Anton mengatakan timnas bermain secara lepas dan tanpa tekanan dalam beberapa pertandingan terakhir. Ia memuji stabilitas mental para pemain. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meskipun masih banyak kesalahan elementer, tapi menurut saya untuk U-16 ini luar biasa, bagus sekali,” kata dia. 
 
Ia juga mengatakan Indonesia bermain dengan semangat juang tinggi. Meski sempat tertinggal pada babak pertama saat melawan Myanmar dan Vietnam di pertandingan sebelumnya, para pemain pantang menyerah dan berhasil membalikkan ketertinggalan. 
 
"Ini (bisa jadi) modal yang bagus sekali untuk melawan Vietnam (di pertandingan final)," ujar Anton.

Evaluasi permainan

Meski begitu, ia mencatat masih ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan para pemain. Menurutnya, pemain belum dapat bermain dengan tenang sehingga banyak peluang gol yang terbuang. 
 
"Eksekusinya (tendangan) baik. Dari dalam atau luar (kotak) penalti seharusnya bisa lebih baik ya, tapi ini terlalu jauh,” kata dia.
 
Baca: Semifinal AFF U-16: Menang Adu Penalti atas Myanmar, Indonesia ke Final
 
Ia berharap para pemain dapat meningkatkan kreativitas untuk membuka ruang pertahanan dan menarik pemain lawan ke sektor tengah. Diharapkan juga Indonesia dapat menunjukkan kemampuan maksimal di pertandingan final yang akan datang. 
 
"Mudah-mudahan semalam itu bukan puncak permainan mereka, mudah-mudahan puncaknya nanti di final,” kata Anton. (Vania Augustine Dilia)

 
(UWA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif