Christian Atsu. (Foto: AFP/Ozan Kose)
Christian Atsu. (Foto: AFP/Ozan Kose)

Eks Pemain Chelsea Tertimbun Reruntuhan Saat Gempa Turki, Begini Kondisinya Kini

Patrick Pinaria • 07 Februari 2023 15:38
Jakarta: Mantan pemain Chelsea Christian Atsu selamat dari timbunan bangunan akibat gempa di Turki. Pemain asal Ghana tersebut ditemukan dalam kondisi luka-luka.
 
Atsu menjadi salah satu korban yang hilang akibat insiden gempa di Turki. Ia dikabarkan terjebak di bawah reruntuhan bangunan apartemen di wilayah Kahramanmara.
 
Kebetulan, wilayah tersebut merupakan salah satu daerah yang terkena dampak paling parah akibat gempa terbesar di Turki sejak 1939.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beruntung bagi Atsu. Menurut media olahraga Portugal, A Bola, Atsu berhasil diselamatkan dari reruntuhan tersebut. Ia ditemukan dalam kondisi luka-luka di kaki kanan dan kesulitan bernapas.
 
Atsu pun langsung dilarikan ke rumah sakit setempat. Kini, ia masih menjalani perawatan dan sedang dalam masa pemulihan.
 
Sejumlah laporan menyebutkan insiden memilukan ini telah menewaskan lebih dari 1.000 orang baik di Turki dan Suriah. Diperkirakan juga jumlah korban tewas bisa meningkat karena gempa dahsyat di dua negara tersebut tidak hanya terjadi sekali, tapi dua kali. 
 
Baca: Gempa Turki, Eks Penyerang Chelsea Terjebak di Bawah Reruntuhan

Menurut laporan BBC, gempa pertama berkekuatan magnitudo 7,8 terjadi pada Senin 6 Februari 2023. Sementara gempa susulan yang berkekuatan M 7,5 terjadi beberapa jam setelahnya dan meruntuhkan sejumlah bangunan baik di Turki dan Suriah.
 
Selain Atsu, kabarnya direktur olahraga Hatayspor, Taner Savut juga terjebak di bawah reruntuhan. Saat ini, tim SAR sedang bekerja untuk menemukan dan menyelamatkan Atsu dan Savut dari reruntuhan.

Atsu jadi pahlawan kemenangan Hatayspor

Atsu saat ini berada di Turki dan bermain untuk klub Hatayspor setelah pindah dari klub Arab Saudi Al-Raed pada 2022.
 
Kabar Christian Atsu yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan, tentunya menjadi kabar buruk buat Hatayspor yang baru saja meraih kemenangan 1-0 atas Kasimpasa 1-0 di Liga Turki, Minggu, 5 Februari 2023. Dalam laga itu, satu-satunya gol Hatayspor dicetak oleh Atsu.

Pernah memperkuat Chelsea

Sebelum bergabung dengan Hatayspor, Atsu menghabiskan empat tahun dengan klub Liga Premier Chelsea dari 2013 hingga 2017. Sayangnya, kariernya di Chelsea tidak berjalan baik, di mana ia tidak dapat kesempatan tampil dan kerap dipinjamkan ke klub lain seperti Vitesse Arnhem, Everton, Newcastle United, Bournemouth, dan Malaga.
 
Pada 2017, striker internasional Ghana kelahiran 10 Januari 1992 itu akhirnya pindah secara permanen ke Newcastle United di mana ia memainkan 75 laga dan mengemas tiga gol.
 
Pada 2021, Atsu bergabung ke klub Arab Saudi, Al Raed selama satu musim dan di musim panas ini ia memutuskan menjajal Liga Turki bersama Hatayspor. Ia tercatat sudah memainkan tiga laga dan mencetak satu gol.
 
(PAT)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif