Roberto Martinez. (JACK GUEZ / AFP)
Roberto Martinez. (JACK GUEZ / AFP)

Gagal Bersama Timnas Belgia, Roberto Martinez Bakal jadi Pelatih Baru Portugal

Friko Simanjuntak • 08 Januari 2023 21:13
Jakarta: Roberto Martinez tetap melanjutkan karier di level internasional setelah gagal bersama Belgia di Piala Dunia 2022. Kabarnya, pria asal Spanyol itu akan segera ditunjuk sebagai pelatih anyar timnas Portugal
 
Menurut laporan David Ornstein dari The Athletic, Martinez telah menjalin kesepakatan verbal untuk menjadi pelatih baru Portugal. Selanjutnya, ia akan menandatangani kontrak secara resmi pada pekan depan untuk kemudian diperkenalkan ke publik.
 
Martinez sejatinya tidak memiliki portfolio mentereng dalam menukangi tim nasional. Bersama Belgia yang dilatihnya selama enam tahun, mantan pelatih Wigan Athletic tersebut dinilai telah menyia-nyiakan generasi emas Belgia yang dihuni sejumlah pemain top macam Eden Hazard, Kevin De Bruyne hingga Romelu Lukaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama enam tahun menukangi The Red Devils, Martinez telah mendampingi Belgia tampil di empat turnamen akbar, yakni Euro (2016 & 2020) serta Piala Dunia (2018 & 2022). Dari empat turnamen tersebut, pencapaian terbaik Martinez hanya membawa Belgia merebut medali perunggu alias peringkat tiga Piala Dunia 2018.
 
Piala Dunia 2022 Qatar menjadi penampilan terburuk Martinez. Belgia yang menempati rangking 3 FIFA, harus tersingkir di fase grup setelah kalah dari Maroko dan bermain imbang dengan Kroasia. Hasil ini juga yang kemudian membuat Martinez mundur dari jabatannya sebagai pelatih Belgia.
 
Sementara itu, tekanan besar hampir pasti bakal dirasakan Martinez di kursi kepelatihan Portugal. Pasalnya, dia akan dibebani target melebihi pencapaian Fernando Santos yang memutuskan mundur dari jabatan pelatih Portugal usai Piala Dunia 2022.
 
Santos merupakan pelatih kawakan yang telah delapan tahun menukangi Selecao das Quinas. Selama satu windu, pelatih 68 tahun itu berhasil mencatatkan sejarah dengan membawa Portugal memenangi Piala Eropa atau Euro 2016 usai mengalahkan tuan rumah Prancis di final.
 
Sayangnya, pada pengujung karier bersama Portugal, Santos gagal memberikan hasil terbaik. Sebab, Selecao das Quinas hanya dibawanya melaju hingga babak perempat final Piala Dunia 2022 usai disingkirkan tim penuh kejutan, Maroko.
 
Selain kegagalan tersebut, Santos menanggalkan jabatannya dengan situasi yang tidak kondusif di mana ia terlibat perselisihan dengan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022. Saat itu, Ronaldo tidak senang dengan keputusan Santos yang kerap menempatkannya di bangku cadangan, termasuk ketika memainkannya di babak kedua saat Portugal disingkirkan Maroko.
 
Kini, bola panas itu akan berada di tangan Roberto Martinez. Apakah ia akan tetap memberikan kepercayaan kepada Ronaldo untuk terus berada di timnas? Apalagi sekarang, bintang 37 tahun tersebut tak lagi berkompetisi di Eropa, melainkan di Liga Pro Saudi bersama Al Nassr.

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif