Georginio Wijnaldum. (Lindsey Parnaby / AFP)
Georginio Wijnaldum. (Lindsey Parnaby / AFP)

Timnas Belanda Terpaksa Rotasi Pemain dan Tunjuk Wijnaldum sebagai Kapten

Olahraga UEFA Nation League
Kautsar Halim • 11 November 2020 09:34
Jakarta: Georginio Wijnaldum akan menjadi kapten timnas Belanda untuk menggantikan Virgil van Dijk yang absen karena mengalami cedera lutut. Kemudian, Tim Krul akan menjadi kiper utama saat tim Oranye memainkan dua laga lanjutan UEFA Nations League pada pekan depan.
 
Pelatih timnas Belanda Frank De Boer membuat keputusan itu sebelum mengarungi tiga laga dalam rentang tujuh hari ke depan. Terdekat, Belanda akan memainkan laga persahabatan kontra Spanyol di Amsterdam, Kamis 12 November dini hari WIB.
 
Setelah itu, Belanda akan melakoni laga lanjutan UEFA Nations League kontra Bosnia & Herzegovina pada Senin 16 November WIB dan Polandia pada Kamis 19 November WIB. Kedua laga ini bakal penting karena Belanda sedang bertengger di urutan tiga klasemen sementara A1.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Para pemain harus memainkan begitu banyak pertandingan dan kami tinggal menunggu cedera berikutnya saja. Itu terjadi karena padatnya jadwal yang mereka hadapi," kata De Boer dalam jumpa pers seperti dilansir Reuters, Selasa (11/11/2020).
 
De Boer menjalani tugas pertamanya sebagai pelatih Belanda pada bulan lalu dengan hasil kekalahan dari Meksiko (laga persahabatan), serta ditahan imbang Bosnia & Herzegovina dan Italia (UEFA Nations League). Menanggapi itu, dia mengaku tidak bisa berbuat banyak karena padatnya jadwal pertandingan.
 
"Tapi yang bisa saya lakukan sebagai pelatih adalah menekankan masalah itu. Akan baik jika asosiasi sepak bola bekerja sama dan mengambil sikap bersama," ujar De Boer.
 
"Tapi uang berkuasa dan pertunjukan harus berlanjut, begitu kenyataannya. Sebagai pelatih, kami juga mempertimbangkan ini. Saya mencermati jumlah waktu yang dimainkan dan mendasari pemilihan pemain dengan itu," tambahnya.
 
De Boer mengatakan, timnas Belanda bakal menggunakan sebagian besar pemain pelapis ketika melawan Spanyol karena Belanda masih memiliki peluang untuk memenangi Grup A1 UEFA Nations League.
 
"Krul akan menggantikan kiper Jasper Cillessen, namun penjaga gawang AZ Alkmaar Marco Bizot akan turun pertama kali ketika melawan Spanyol nanti," pungkas De Boer.

 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif