AFP PHOTO/Caio Leal
AFP PHOTO/Caio Leal

Momen-momen Penting dalam Hidup Pele, Gol Pertama hingga Jadi Menteri Olahraga Brasil

Sri Yanti Nainggolan • 30 Desember 2022 11:34
Jakarta: Legenda sepak bola Brazil dan dunia, Pele, meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Sao Paula pada Kamis, 29 Desember 2022. Pele meninggal di usia 82 tahun.
 
Kabar meninggalnya pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu juga dikonfirmasi melalui berbagai akun media sosial yang dikelola agennya.
 
"Inspirasi dan cinta kasih menandai perjalanan King Pele, yang meninggal dunia dalam damai hari ini," tulis akun Instragram resmi Pele, @pele.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam perjalanannya, Edson mempesona dunia lewat kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, mengusung kerja sosial di seluruh dunia, dan menyebarkan apa yang paling diyakininya sebagai obat segala masalah kita: cinta."
 
Baca: Belasungkawa Cristiano Ronaldo: Raja Pele Abadi

Berikut momen-momen penting dalam kehidupan Pele dilansir dari Antara:

23 Oktober 1940: Pele lahir

Dilaporkan AFP Sport, Pele lahir sebagai Edson Arantes do Nascimento dari sebuah keluarga sederhana di Minas Gerais di sebelah utara Rio de Jaineiro. Ayahnya adalah pesepak bola amatir yang tekun.
 

1943: Asal mula nama Pele

Nama Pele muncul ketika seorang anak berusia tiga tahun itu menjadi pendukung setia Bile, teman bersepak bola ayahnya. Tidak dapat mengucapkan dengan benar nama Bile, dan alih-alih mengucapkan Pele, maka ucapan itulah yang kemudian dilekatkan orang kepada dia.
 

7 September 1956: Pertandingan pertama Pele

Pele memainkan pertandingan pertamanya bersama klub Brasil Santos yang kemudian dia bela selama 18 tahun.
 
Momen-momen Penting dalam Hidup Pele, Gol Pertama hingga Jadi Menteri Olahraga Brasil
Edson Arantes do Nascimento dikenal sebagai ‘Pele’ wafat pada usia 82 tahun. Foto: The New York Times
 

7 Juli 1957: Gol pertama Pele untuk Brasil

Baru berusia 16 tahun 9 bulan, Pele tampil membela Brasil dalam pertandingan Copa America melawan Argentina di Stadion Maracana. Dia mencetak gol pertama dari total 77 golnya untuk timnas Brasil.
 

29 Juni 1958: Pele pencetak gol termuda di Piala Dunia

Pele mendadak terkenal ke seluruh dunia setelah mencetak dua gol dalam final Piala Dunia ketika Brasil menang 5-2 atas tuan rumah Swedia. Sampai hari ini dia tetap menjadi pemain termuda yang bermain dalam final Piala Dunia, dan tentu saja pemain termuda yang mencetak gol dalam final Piala Dunia.
 

1962: Piala Dunia kedua Pele

Setelah empat musim menjuarai liga bersama Santos, dia memainkan Piala Dunia keduanya di Chile. Cedera membuat dia harus menyaksikan sebagian besar turnamen dari bangku cadangan ketika rekan senegaranya Garrincha melontarkan Brasil mempertahankan gelar juara dunia.
 

1966: Brasil tersisih dari Piala Dunia

Piala Dunia ketiga tetapi Pele menjadi korban pelanggaran parah pemain-pemain lawan ketika Brasil tersisih sejak babak pertama.
 

19 November 1969: Gol ke-1.000 Pele

Pele mencetak golnya yang ke-1.000 setelah mengonversi tendangan penalti untuk Santos saat melawan Vasco de Gama. Pertandingan ditunda selama 20 menit saat dia berlari mengelilingi stadion sebagai tanda penghormatan.
 

21 Juni 1970: Pele jadi Kapten Timnas Brasil 

Pele memimpin Brasil dalam Piala Dunia ketiganya dan dia tetap menjadi satu-satunya pemain yang menjuarai tiga Piala Dunia. Permainan dan golnya mencapai puncak kekuatannya ketika sundulannya mengantarkan Brasil menang 4-1 atas Italia. Ini adalah salah satu momen sepak bola paling ikonik.
 
Momen-momen Penting dalam Hidup Pele, Gol Pertama hingga Jadi Menteri Olahraga Brasil
Gambar legenda sepak bola Brazil Pele, yang meninggal dunia pada Kamis, ditampilkan di markas Federasi Industri Negara Bagian Sao Paulo (FIESP) di Sao Paulo, Brazil, 29 Desember 2022. (ANTARA/AFP/MIGUEL SCHINCARIOL)
 

18 Juli 1971: Pertandingan terakhir Pele untuk Brasil 

Pele memainkan pertandingan terakhirnya untuk Brasil dalam usia 30 tahun saat bermain imbang 2-2 melawan Yugoslavia di Stadion Maracana.
 

10 Juni 1975: Pele bermain di AS

Pele yang berusia 34 tahun bergabung dengan New York Cosmos dan turut berperan dalam merevolusi sepak bola Amerika Serikat.
 

1 Oktober 1977: Pertandingan terakhir Pele

Pada pertandingan terakhir dalam karirnya, Pele memainkan babak pertama untuk Cosmos dan babak kedua untuk Santos di Stadion Giants di New York. Statistik FIFA menyebutkan dia sudah bermain dalam 1.363 pertandingan dan mencetak 1.281 gol.
 

1994-1998: Pele jadi Menteri Olahraga Brasil 

Pele diangkat menjadi Menteri Olahraga Brazil, jabatan yang saat itu belum pernah ditempati oleh warga kulit hitam.
 
Baca: Obama Hingga Joe Biden Beri Penghormatan untuk Pele
 

1999: Pele meraih Atlet Abad Ini

Dianugerahi sebagai Atlet Abad Ini oleh Komite Olimpiade Internasional. Setahun kemudian FIFA menghormatinya dengan penghargaan Pemain Terbaik Abad Ini.
 

29 Desember 2022: Pele meninggal dunia

Sang legenda yang ikonik wafat di sebuah rumah sakit di Sao Paulo. Ia meninggal di usia 82 tahun karena kanker usus besar. 
 
(SYN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif