Fernando Santos. (Foto: AFP/Patricia De Melo Moreira)
Fernando Santos. (Foto: AFP/Patricia De Melo Moreira)

Sudah Tahu Gaya Main Spanyol, Ini yang Diminta Santos kepada Pemain Portugal

Patrick Pinaria • 27 September 2022 21:11
Jakarta: Portugal akan melakoni laga krusial ketika menjamu Spanyol pada pertandingan terakhir Grup 2 Liga A di turnamen UEFA Nations League 2022/2023, Rabu, 28 September 2022, dini hari WIB. Os Navevadores pantang kalah andai ingin lolos ke babak semifinal.
 
Portugal sedang berada di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi sepuluh poin. Namun, masih harus bersaing ketat dengan Spanyol untuk bisa finis di posisi pertama sekaligus memastikan tiket semifinal. Sebab, kedua tim masih berselisih dua poin.
 
Guna meraih tiket semifinal itu, Portugal wajib meraih minimal tambahan satu poin alias meraih hasil imbang saat menghadapi Spanyol pada laga dini hari nanti. Jika kalah, mereka sudah pasti turun ke posisi kedua dan tiket semifinal menjadi milik Spanyol.

Siap mati-matian


Pelatih Portugal Fernando Santos sadar meraih poin dari Spanyol bukanlah perkara mudah. Ia pun memprediksi timnya akan mendapat tekanan hebat dari La Furia Roja yang memiliki kekuatan dalam mendominasi penguasaan bola.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tahu Spanyol adalah tim hebat. Kami respek dengan kehebatan mereka, tetapi kami tidak akan tertunduk begitu saja," kata Santos dilansir dari situs resmi UEFA pada Selasa, 27 September 2022. 
 
Baca: 4 Fakta Menarik Jelang Portugal vs Spanyol

"Semua orang tahu Spanyol punya cara bermain yang sama selama 20 tahun. Mereka adalah tim yang mendominasi penguasaan bola, memberikan tekanan tinggi, tim yang punya respons bagus ketika kehilangan bola. Gaya bermain mereka sudah jelas," lanjutnya.
 
Namun, hal itu tidak membuat Santos patah semangat. Ia justru yakin Portugal bisa meraih hasil maksimal jika mampu tampil fokus dan percaya diri.
 
"Kami tidak harus khawatir dengan Spanyol tetapi harus menghormati mereka. Kami pun selama ini menghormati semua lawan kami. Kami harus fokus," tutur Santos.

Rekor pertemuan


Portugal memang memiliki catatan kurang oke selama menghadapi Spanyol di seluruh ajang. Dari 40 pertemuan terakhir, Portugal hanya mampu meraih enam kemenangan. Sisanya, Portugal menelan 18 kekalahan dan 26 kali imbang.
 
Namun, dari empat pertemuan terakhir, Portugal selalu mampu menahan imbang Spanyol. Termasuk saat kedua tim bersua pada laga perdana Grup 2 Liga A, 3 Juni 2022. Pada laga itu, mereka harus puas bermain imbang dengan skor 1-1.
 
(PAT)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif