Momen saat gelandang Portugal Bernardo Silva (kanan) berduel dengan gelandang Spanyol Carlos Soler (kiri). (Foto: AFP/Cristina Quicler)
Momen saat gelandang Portugal Bernardo Silva (kanan) berduel dengan gelandang Spanyol Carlos Soler (kiri). (Foto: AFP/Cristina Quicler)

4 Fakta Menarik Jelang Portugal vs Spanyol

Patrick Pinaria • 27 September 2022 16:09
Jakarta: Pertandingan seru akan tersaji ketika Portugal menjamu Spanyol pada laga terakhir Grup 2 Liga A UEFA Nations League 2022/2023, Rabu, 28 September 2022, dini hari WIB. Kedua diyakini tampil ngotot demi memperebutkan tiket ke babak semifinal.
 
Kondisi Portugal sedikit lebih diuntungkan lantaran berada di posisi puncak klasemen sementara dan unggul dua poin dari Spanyol yang berada di posisi kedua. Setidaknya, mereka hanya butuh meraih hasil imbang untuk bisa finis di posisi pertama sekaligus lolos ke babak semifinal.
 
Sementara itu, Spanyol punya tugas lebih berat ketimbang Portugal. La Furia Roja wajib meraih kemenangan pada laga itu untuk bisa meraih tiket semifinal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Situasi tersebut rasanya lebih memberatkan Spanyol. Bukan apa-apa. Jika mengacu pada statistik pertemuan dalam empat tahun terakhir, Spanyol rasanya sulit mengalahkan Portugal.
 
Dari empat pertemuan terakhir, Spanyol hanya mampu bermain imbang dengan Portugal. Fakta ini tentu akan lebih menguntungkan dan membuat skuat Portugal lebih percaya diri.
 
Situasi terkini juga akan membuat Spanyol semakin sulit mengalahkan Portugal. Di satu sisi, moril pemain Portugal sedang meninggi lantaran mampu merai kemenangan atas Republik Ceko dengan skor 4-0. Hasil yang membuat Selecao berhasil merebut puncak klasemen.
 
Di sisi lain, Spanyol sedang dirundung duka usai menelan kekalahan dari Swiss dengan skor 1-2. Kekalahan tersebut lantas membuat mereka terlempar ke posisi kedua.
 
Baca: Jadwal Pertandingan UEFA Nations League Malam Ini: Duel Penentuan Portugal vs Spanyol

Masih ada beragam fakta menarik lainnya mengenai laga antara Portugal vs Spanyol yang wajib diketahui. Berikut ini di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:

1. Rekor buruk Portugal vs Spanyol


Meski punya catatan impresif dalam empat tahun terakhir, Portugal punya catatan buruk selama berjumpa dengan Spanyol secara keseluruhan. Dari 40 pertemuan terakhir di seluruh kompetisi, Portugal hanya mampu meraih enam kemenangan. 
 
Sedangkan Spanyol berhasil meraih 18 kemenangan. Sisanya kedua tim bermain imbang sebanyak 26 kali.

2. Portugal jadi tim dengan pertahanan terbaik


Portugal memiliki pertahanan terbaik di antara 16 tim yang bertanding di Liga A UEFA Nations League musim ini. Buktinya, mereka hanya kebobolan dua gol dari lima pertandingan yang dilakoni.

3. Portugal dan Spanyol imbang di lima pertandingan terakhir


Lima pertemuan terakhir antara Portugal dan Spanyol selalu berjalan alot. Bagaimana tidak. Dalam periode tersebut, kedua tim hanya mampu meraih hasil imbang dalam 90 menit pertandingan.

4. Kemenangan terakhir Portugal atas Spanyol


Adapun kemenangan terakhir diraih Portugal saat bertemu dengan Spanyol terjadi pada turnamen Piala Eropa 2004. Saat itu, kedua tim berjumpa di laga ketiga penyisihan Grup A dan laga berhasil dimenangi Portugal dengan skor tipis 1-0.
 
(PAT)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif