Skuat Timnas U-16-Dok PSSI
Skuat Timnas U-16-Dok PSSI

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Kalahkan Palestina, Timnas Indonesia Gusur Malaysia dari Puncak Klasemen Grup B

rizkiyanuardi • 07 Oktober 2022 22:11
Cibinong: Timnas Indonesia U-17 sukses mengambil alih puncak klasemen Grup B dari Malaysia usai mengalahkan Timnas Palestina U-17 pada Kualifikasi Piala AFC U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Jawa Barat, Jumat 7 Oktober 2022. Skuat asuhan Bima Sakti menang dengan skor meyakinkan 0-2.
 
Bunuh diri pemain Palestina Ibrahim Alfuqaha membuat skuat Garuda Asia, julukkan Timnas Indonesia, unggul 0-1 pada menit 9. Berawal umpan Habil Abdillah ke kotak penalti dimana berada Arkhan Kaka, bek Palestina Ibrahim menghalau bola. Namun justru membuat si kulit bundar masuk ke gawang Mohamed Abushaqra. Skor 0-1 untuk Indonesia.
 
Jehan Pahlevi mendapat kans mencetak gol kedua lewat sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti menit 11. Sayang, bolanya masih bisa diamankan kiper Palestina.
 
Narendra Tegar ikutan menjajal kesigapan kiper Palestina pada menit 13. Lagi-lagi bola masih bisa diblok, meski bola muntah disambar Kafiatur Riski yang masih membentur mistar gawang.
 
Hingga laga berjalan 15 menit, Timnas Indonesia U-17 asuhan Bima Sakti Tukiman lebih mendominasi laga. Palestina praktis bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik.
 
Menit 23, bola colongan terhadap pemain Indonesia, membuat Timnas Palestina dapat kans menyamakan kedudukan. Beruntung, kiper skuat Garuda Asia, Andrika sukses menggagalkan upaya kapten Palestina Mohammed Manassra dan hanya menghasilkan sepak pojok.
 
Permainan menghibur kerap diperagakan anak-anak Indonesia. Operan bola dari kaki ke kaki, rapih dijalankan antarlini sebelum menusuk ke.kotak penalti.
 
Juru gedor Skuat Garuda Asia dipercayakan ke Arkhan Kaka. Striker berusia 15 tahun dan beetinggi badan 186 cm ini sudah mencetak 6 gol dari 2 laga, top skor sementara di Grup B.
 
Pada menit 40, kapten Timnas Indonesia U-17 M Iqbal diganti karena cedera kena benturan dengan salah satu pemain Palestina.
 
Menit akhir, Arkhan Kaka nyaris mencetak gol kedua Indonesia. Umpan Habil ke. tiang jauh nyaris mencatatlan namanya di.papan skor. Sayang bola luput dari sergapannya.
 
Hingga peluit panjang turun minum, skor 0-1 masih milik Skuat Garuda Asia atas Timnas Palestina U-17.
 
Babak kedua, sejumlah pergantian dilakukan coach Bima Sakti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unggul satu gol, skuat Garuda Asia akhirnya menambah gol lewat tendangan jarak jauh Habil. Melihat kiper Palestina agak jauh meninggalkan sarangnya, Habil melepaskan tendangan melengkung jarak jauh. Skor menjadi 0-2 untuk Timnas Indonesia U-17.
 
Palestina mendapat penalti pada menit babak . Upaya mengenai mistar. Bola rebound dteruskan dan masuk. Namun wasit menganggap pelanggaran untuk Indonesia kali ini. Pasalnya, tendangan pertama yang mengenai mistar tanpa mengenai tepisan kiper, diteruskan kembali dengan penendang yang sama. Menurut peraturan, tindakan itu tidak sah.
 
Dari tayangan ulang, bola sepertinya melewati garis namun wasit tak melihatnya sebagai gol.
 
Jehan Pahlevi nyaris mencetak gol ketiga Indonesia pada menit 73. Sayang sepakannya di dalam kotak penalti usai menerima umpan Aerlangga masih melambung di atas mistar gawang Palestina.
 
Pun begitu peluang yang didapat Muhamad Gaoshirowi menit 78. Mendapat terobosan, aksinya masih kalah cepat dari kiper Palestina.
 
Palestina mulai mengimbangi permainan Indonesia pada babak kedua. Beberapa kali pemain Palestina bisa mencuri bola dari pemain tengah Indonesia.
 
Meski banyak peluang diciptakan kedua tim, belum ada gol hingga laga usai. Menang atas Palestina, Timnas Indonesia U-17 kembali memuncaki klasemen Grup B menggusur Malaysia, yang pada laga sebelumnya mengalahkan UEA dengan skor 3-2. Skuat Garuda Asia memiliki poin 9 dari tiga laga, sementara Malaysia di posisi kedua dengan poin 7 dari tiga laga.
 
Ahad 9 Oktober lusa, Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi Malaysia U-17 dalam laga penentuan. Pemenang laga dipastikan akan lolos ke putaral final Piala Asia U-17 2023 yang akan digelar di Bahrain. Indonesia masih diuntungkan karena dengan hasil imbang saja dengan Malaysia akan tetap lolos.
 
Susunan pemain:
Timnas Palestina U-17:
Mohammed Abushaqra; Mohamad Nouri,Ibrahim Alfuqaha, Mohammed Manassra, Tareq Awawda, Husam Alshaer, Mohammed Zoghayyer, Mahmoud Radi, Ahmed Hawamda, Ahmed Sulaiman, Baraa Rabei.
 
Timnas Indonesia U-17: Andrika Fathir; Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Habil Abdillah, Muhammad Iqbal Gwijangge; Muhammad Kafiatur, Mokhamad Hanif Ramadhan, Narendra Tegar, Muhammad Riski;Jehan Arkhan Kaka.
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif