Presiden RI Joko Widodo. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden RI Joko Widodo. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Piala AFF 2022

Jokowi Bicara tentang Peluang Timnas Indonesia di Leg 2 Semifinal Piala AFF

Antara • 07 Januari 2023 18:41
Jakarta: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yakin timnas Indonesia punya kesempatan besar untuk menyingkirkan Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Itu disampaikannya meski Skuad Garuda ditahan imbang tanpa gol oleh Vietnam pada leg pertama semifinal di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat 6 Januari.
 
Rasa optimistis itu muncul karena Jokowi menyaksikan langsung pertandingan di SUGBK dan melihat bagaimana kerasnya perjuangan anak-anak asuh Shin Tae-yong di sepanjang laga. Jadi menurutnya, skuad Garuda masih berpeluang besar memastikan kemenangan pada leg kedua di Vietnam.
 
"Saya lihat seluruh pemain sudah bekerja keras mati-matian dari sempritan (peluit) awal sampai akhir, tapi hasilnya 0-0," kata Jokowi kepada awak media selepas pertandingan seperti dilansir Antara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita masih memiliki kesempatan besar nanti di leg (kedua) yang berlangsung di Vietnam," tambahnya.
 
Presiden menyaksikan pertandingan tersebut dari tribun VVIP SUGBK didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Senada dengan Presiden, Menpora juga menilai permainan Skuad Garuda luar biasa dan berharap performa apik itu terjaga saat tampil di Vietnam.
 
"Kita harapkan nanti pada saat di Vietnam, anak-anak tampil makin baik karena kita lihat sejak pertandingan lawan Kamboja, Thailand, melawan Filipina, kalau saya lihat performanya naik," ujar Amali.
 
Indonesia lebih banyak menguasai bola dalam leg pertama semifinal, tapi kreasi serangan tim besutan Shin Tae-yong belum cukup untuk menembus tebalnya barisan pertahanan Vietnam. Di sisi lain, tim tamu juga sempat menampilkan permainan agresif yang kerap memancing peluit pelanggaran dari wasit.
 
Hasil imbang tanpa gol di SUGBK memperpanjang catatan nirmenang Indonesia dengan Vietnam menjadi 2 kalah dan 3 seri dalam lima pertemuan terakhir. Namun, hasil ini memang cukup menguntungkan bagi Indonesia dalam melakoni leg kedua karena aturan gol tandang masih berlaku.
 
Demi memastikan tiket final, Indonesia hanya perlu minimal menahan imbang dengan skor selain 0-0 atau menang tipis saja. Di sisi lain, Vietnam malah wajib menang pada leg kedua dan bakal memainkan babak tambahan atau adu penalti jika skor tanpa gol tidak berubah pada waktu normal (2x45 menit). (ANT)
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif