Momen Hakan Sukur mencetak gol ke gawang Korea Selatan pada World Cup 2002. (Foto: AFP/Pascal Guyot)
Momen Hakan Sukur mencetak gol ke gawang Korea Selatan pada World Cup 2002. (Foto: AFP/Pascal Guyot)

100 Hari Menuju Piala Dunia 2022

Fakta-fakta Menarik Piala Dunia yang Harus Kamu Tahu (Bagian - 1)

Friko Simanjuntak • 12 Agustus 2022 10:00
Jakarta: Piala Dunia 2022 di Qatar akan bergulir sekitar 100 hari ke depan. Seperti lazimnya pesta sepak bola dunia empat tahunan, momen Piala Dunia 2022 tentu akan menyajikan atmosfer yang berbeda dan juga tentunya sejarah-sejarah baru.
 
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Piala Dunia akan digelar di kawasan timur tengah, tepatnya di Qatar. Sementara bagi benua Asia, ini adalah kali kedua mereka mendapat kesempatan menggelar Piala Dunia setelah sebelumnya Jepang dan Korea Selatan dipercaya jadi host pada Piala Dunia 2002.
 
Dari segi waktu penyelenggaraan, Piala Dunia 2022 Qatar juga jadi yang pertama digelar di luar musim panas (Juni-Juli). Untuk tahun ini, Piala Dunia digelar pada bulan November, tepatnya mulai tanggal 20 November - 18 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengapa Piala Dunia 2022 digelar pada bulan November yang notebene liga-liga elite dunia masih menjalani kompetisi? Jawabannya karena di bulan Juni-Juli cuaca di timur tengah (Qatar) cukup ekstrem, yang tentunya bakal "menyiksa" para pemain.
 
Selain beberapa fakta atau sejarah yang dibahas di atas, tentunya Piala Dunia selalu menghadirkan sejarah atau fakta-fakta baru di setiap perhelatannya.
 
Merangkum dari berbagai sumber, berikut sejarah atau fakta-fakta menarik yang tercipta sejak Piala Dunia 1930 (pertama) di Uruguay hingga edisi ke-21 di Piala Dunia 2018 Rusia:

1. Pencetak Gol Pertama di Piala Dunia

Pemain pertama yang mencetak gol di Piala Dunia adalah Lucien Laurent dari Prancis. Ia mencetak gol pada menit ke-19 dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 1930 tanggal 13 Juli. Gol pertama Laurent membantu Prancis menang 4-1 atas Meksiko.

2. Pencetak Gol Pertama Piala Dunia Lewat Titik Penalti

Pemain pertama yang mencetak gol lewat titik penalti adalah pemain Meksiko Manuel Rocquetas Rosas saat melawan Argentina pada 19 Juli 1930, Uruguay.
 
Sayang, gol pertama dari titik penalti yang dicetak Rosas pada menit ke-42 tak mampu menyelamatkan Meksiko dari kekalahan telak 3-6 dari Argentina.
 
 
Halaman Selanjutnya
  3. Pencetak Gol Tercepat…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif