Eduardo Camavinga. (Foto: AFP/Franck Fife)
Eduardo Camavinga. (Foto: AFP/Franck Fife)

10 Wonderkid yang Berpotensi Jadi Pemain Muda Terbaik di Piala Dunia 2022 (Bagian - 1)

Friko Simanjuntak • 28 September 2022 09:44
Jakarta: Piala Dunia tidak hanya menjadi panggung pembuktian bagi para pemain terbaik di dunia. Lebih dari itu, turnamen sepak bola empat tahunan ini juga merupakan momentum unjuk gigi buat para pemain muda.
 
Sejak 2006, FIFA mulai memberikan apresiasi besar kepada taleta-talenta muda yang berlaga di Piala Dunia dengan menambah satu kategori dalam penghargaan individu, yakni pemain muda terbaik (Best young player award). Penghargaan Pemain Muda Terbaik diberikan kepada pemain yang berusia 21 tahun ke bawah (saat penyelenggaraan Piala Dunia).
 
Untuk menentukan para pemain muda terbaik di pergelaran Piala Dunia edisi sebelumnya, FIFA melakukan jajak pendapat (polling) melalui internet, mulai dari Piala Dunia 1958 di Swedia hingga Piala Dunia 2002 di Korea Selatan-Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun ini, gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar juga akan menjadi panggung unjuk gigi para pemain muda yang selama ini sudah menunjukkan kualitasnya di level klub. Lantas, siapa sajakah mereka?
 
Berikut 10 wonderkid yang berpotensi jadi Pemain Muda Terbaik di Piala Dunia 2022 (Bagian - 1):

10. Nuno Mendes (Portugal/PSG)

Nama Nuno Mendes mulai dikenal luas ketika klub raksasa Prancis, Paris Saint Germain (PSG) berani menggelontorkan dana 38 juta euro untuk memboyongnya dari Sporting Lisbon pada bursa transfer musim panas 2022 -- 2023.
 
Mendes, di usianya yang baru 19 tahun punya kualitas jempolan. Selain postur yang oke, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini juga memiliki kecepatan dan kemampuan individu di atas rata-rata. Tak heran apabila ia langsung masuk susunan pemain inti PSG arahan Christoph Galtier.
 
Sejauh ini, Mendes sudah memainkan 11 laga untuk PSG di semua kompetisi, dan sukses membukukan satu gol dan dua assist. Sementara di Timnas Portugal, Mendes yang baru memainkan debutnya pada Maret 2021, kini langsung jadi andalan pelatih Fernando Santos. Sampai artikel ini ditulis, Mendes sudah mencatatkan 11 caps untuk Selecao das Quinas.

9. Eduardo Camavinga (Prancis/Real Madrid)

Eduardo Camavinga bergabung dengan Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2021 -- 2022 dengan mahar 31 juta euro. Pemain yang saat ini berusia 19 tahun itu langsung menunjukkan potensinya dengan mencetak gol dalam debutnya berkostum Los Blancos.
 
Meski belum sepenuhnya mendapat kepercayaan Carlo Ancelotti untuk mengawal lini tengah Madrid pada musim lalu, Camavinga tetap berperan dalam kesuksesan Los Merengues meraih trofi La Liga dan Liga Champions musim lalu.
 
Bermodalkan kesuksesannya bersama Madrid, Camavinga berharap dirinya dibawa pelatih Didier Deschamps ke Piala Dunia 2022. Peluangnya cukup terbuka mengingat saat ini Paul Pogba yang biasanya jadi langganan timnas, tengah berkutat dengan cedera.
 
Camavinga baru memainkan debutnya di Timnas senior Prancis pada 25 September 2022 kemarin. Ia dipercaya tampil sebagai starter, namun digantikan pada babak kedua saat Prancis takluk dari Denmark pada UEFA Nation League.

8. Jude Bellingham (Inggris/Borussia Dortmund)

Jude Bellingham adalah salah satu talenta muda paling bersinar yang dimiliki Inggris saat ini. Di usianya yang masih 19 tahun, ia sudah memainkan peran penting buat klubnya Borussia Dortmund dan kemungkinan bakal bersinar di Piala Dunia 2022 nanti.
 
Bellingham sejatinya sudah masuk dalam skuat Inggris pada Euro 2020 lalu. Sayangnya, saat itu ia tidak mendapat banyak kesempatan. Di balik kesuksesan Inggris melaju ke final, Bellingham hanya dipercaya tampil selama 55 menit (3 laga) oleh Gareth Southgate. Ia bahkan hanya duduk di bangku cadangan saat Inggris takluk 3-4 (adu penalti) dari Italia di laga final.
 
Namun, pada Piala Dunia 2022 nanti, Southgate tidak lagi memiliki alasan untuk menjadikan Bellingham hanya pemanis di bangku cadangan. Pasalnya, ia sudah menunjukkan kapasitasnya sebagai pemain yang bisa diandalkan untuk mencetak gol.
 
Di level klub, Bellingham yang kerap dimainkan sebagai gelandang tengah dan juga gelandang serang, tampil cukup gemilang. Dia sudah mengemas tiga gol dari 10 laga yang dimainkannya bersama Borussia Dortmund di berbagai ajang musim ini.

7. Pedri (Spanyol/Barcelona)

Tim nasional Spanyol tampaknya memiliki masa depan cerah lantaran mereka memiliki banyak pemain muda berbakat. Salah satunya adalah Pedri yang bersinar baik di Barcelona maupun di level internasional di usianya yang baru 19 tahun.
 
Pedri disebut-sebut sebagai penerus Andres Iniesta karena kemampuannya dalam mendominasi lini tengah. Tak hanya punya skill yang di atas rata-rata, Pedri juga punya visi bermain yang luar biasa. Ia bahkan dianggap sebagai salah satu gelandang muda terbaik di generasinya.
 
Pedri sudah menjadi bagian inti dari Timnas Spanyol di ajang Euro 2020 pada tahun lalu. Ia dipercaya tampil oleh pelatih Luis Enrique di seluruh pertandingan Spanyol sebelum akhirnya tersingkir di semifinal. Saat itu, Pedri baru berusia 18 tahun.
 
Di level klub, Pedri juga langsung berhasil memikat hati Xavi Hernandez. Sejauh ini, Pedri sudah memainkan delapan laga untuk Blaugrana di semua ajang dan mengoleksi satu gol.
 
Dengan pengalamannya bermain di level tertinggi bersama Barcelona, Pedri hampir bisa dipastikan bakal jadi pilihan utama Luis Enrique di Piala Dunia 2022 nanti.

6. Rodrygo (Brasil/Real Madrid)

Rodrygo menjalani musim yang luar biasa bersama Real Madrid musim lalu. Ia memenangkan La Liga, Piala Super Spanyol dan Liga Champions. Dalam prosesnya, winger berusia 21 tahun ini mencetak 9 gol dan 10 assist.
 
Meski bukan starter regular di Madrid, Rodrygo punya peran krusial dalam membawa timnya ke final Liga Champions. Gol-gol yang dilesakkannya menjadi pemicu kebangkitan ikonik melawan Chelsea (di perempat final leg 2) dan Manchester City di babak semifinal.
 
Meskipun Brasil memiliki banyak alternatif di sayap, Rodrygo mungkin adalah pemain yang dibutuhkan Tite untuk Piala Dunia 2022 nanti. Selain punya teknik dan finishing yang luar biasa, Rodrygo bisa juga jadi “jimat keberuntungan” Brasil dalam memuluskan ambisi merebut trofi Piala Dunia keenam. Sama seperti yang ia lakukan untuk Real Madrid musim lalu.
 
Rodrygo sejauh ini baru mencatatkan empat caps untuk Timnas senior Brasil dan mencetak satu gol. Terakhir, ia bermain selama 10 menit saat Brasil menang 3-0 atas Ghana di laga uji coba internasional, 23 September kemarin.
 
(ASM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif